Hamas Bakal Umumkan Pemimpin Baru

Senin, 01 Mei 2017 - 02:10 WIB
Hamas Bakal Umumkan Pemimpin Baru
Hamas Bakal Umumkan Pemimpin Baru
A A A
JERUSALEM - Kelompok pembebasan Palestina Hamas akan mempunyai pemimpin baru. Menurut sejumlah pejabat hal itu akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang.

Selain akan mempunyai pemimpin baru, Hamas juga bersiap untuk mengumumkan versi baru dari piagamnya seperti dikutip dari laman Al Arabiya, Senin (1/5/2017).

Ismail Haniya, sampai saat ini menjadi pemimpin Hamas di Jalur Gaza, mengatakan bahwa hasil pemilihan internal akan diumumkan dalam beberapa hari mendatang. Seorang pejabat tinggi Hamas mengatakan kepada AFP bahwa kepemimpinan baru akan diumumkan sebelum 15 Mei.

Pejabat tersebut mengatakan bahwa Haniya kemungkinan akan ditunjuk sebagai kepala gerakan baru tersebut. Haniya akan menggantikan Khaled Meshaal yang tinggal di pengasingannya di Doha dan telah memimpin kelompok tersebut dalam dua periode.

Hamas juga akan mengumumkan piagam pelengkap yang secara formal akan menerima gagasan sebuah negara di wilayah yang diduduki oleh Israel dalam Perang Enam Hari pada tahun 1967. Beberapa analis mengatakan bahwa langkah tersebut merupakan upaya untuk meringankan isolasi internasional terhadap Hamas.

Sementara Piagam 1988 yang asli tidak akan digantikan, hanya ditambah, dan tidak akan ada pengakuan atas Israel, seperti yang diminta oleh masyarakat internasional.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6612 seconds (0.1#10.140)