Jet-jet Tempur AS Cs Bombardir Mosul, Puluhan Warga Sipil Tewas

Minggu, 26 Maret 2017 - 02:22 WIB
Jet-jet Tempur AS Cs Bombardir Mosul, Puluhan Warga Sipil Tewas
Jet-jet Tempur AS Cs Bombardir Mosul, Puluhan Warga Sipil Tewas
A A A
MOSUL - Militer Amerika Serikat (AS) mengonfirmasi serangan udara pesawat-pesawat jet tempur koalisi yang dipimpin AS di sebuah situs di Mosul, di mana puluhan warga sipil dinyatakan tewas. AS menegaskan serangan tersebut atas permintaan pasukan Irak.

Penyelidikan atas kematian banyak warga sipil itu telah dibuka. Koalisi yang dipimpin AS telah membombardir wilayah Mosul barat selama sepekan sebelum laporan tentang jatuhnya banyak warga sipil muncul.

”Sebuah tinjauan awal data serangan dari 16-23 Maret menunjukkan bahwa serangan atas permintaan dari Pasukan Keamanan Irak,” kata Pusat Komando AS dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan pada hari Sabtu (25/3/2017).

“Serangan koalisi menyasar petempur ISIS dan peralatannya pada 17 Maret di Mosul Barat, di lokasi yang sesuai dengan dugaan jatuhnya korban sipil,” lanjut pernyataan tersebut.

Sebuah video telah dirilis sejumlah media setelah serangan udara, di mana sejumlah jasad dievakuasi dari bangunan yang hancur di Mosul barat.

Beberapa saksi mata mengatakan lebih dari seratus warga sipil terbunuh dan terkubur di bawah reruntuhan bangunan akibat serangan bom.

PBB pada hari Sabtu menyatakan keprihatinan atas tingginya jumlah korban sipil di Mosul. ”Kami tertegun atas hilangnya jiwa yang mengerikan,” kata Lise Grande, koordinator kemanusiaan PBB untuk Irak, dalam sebuah pernyataan.

Pihak Kepolisian Federal Irak mengatakan kepada Reuters bahwa operasi untuk mengusir kelompok Islamic State (ISIS) dari Mosul barat dihentikan.”Karena tingginya angka kematian di antara warga sipil di kota tua,” bunyi pernyataan kepolisian melalui seorang juru bicara, yang dilansir Minggu (26/3/2017).
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4808 seconds (0.1#10.140)