Ini Kata AS Soal Ketegangan Diplomatik Malaysia-Korut

Rabu, 08 Maret 2017 - 13:42 WIB
Ini Kata AS Soal Ketegangan...
Ini Kata AS Soal Ketegangan Diplomatik Malaysia-Korut
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) untuk Asia Timur dan Pasifik, Daniel Russel menuturkan, pihaknya menyesalkan adanya ketegangan antara Malaysia dan Korea Utara (Korut). Namun, di sisi lain, dia juga menyebut pihaknya menyatakan memahami apa yang dilakukan oleh Malaysia.

Berbicara saat melakukan konfrensi melalui sambungan telepon dengan sejumlah wartawan Asia-Pasifik, termasuk didalamnya Sindonews, Russel menuturkan itu hak Malaysia untuk mengusir diplomat asing di negara mereka, dalam kasus ini adalah Duta Besar Korut untuk Malaysia Kang Chol. Hal itu, lanjut Russel, tercantum dalam Konvensi Wina 1969 soal hubungan internasional.

"Ketegangan diplomatik saat ini antara Malaysia dan Korut sangat disesalkan, tapi saya sepenuhnya memahami tindakan yang diambil oleh Kementerian Luar Negeri dan Perdana Menteri Malaysia untuk menggunakan hak mereka di bawah Konvensi Wina," kata Russel pada Rabu (8/3/2017).

Pengusiran yang dilakukan Malaysia terhadap Chol sendiri mendapat responn yang cukup keras dari Korut. Korut mengeluarkan peraturan sementara untuk melarang semua warga Malaysia, khusus staff Kedutaan Besar Malaysia di Pyongyang, untuk meninggalkan negara itu.

Malaysia kemudian membuat respon tandingan, dengan turut melarang warga Korut di Malaysia untuk keluar dari negara mereka. Insiden "saling sandera" warga negara yang melibatkan Malaysia dan Korut ini sendiri membuat PBB prihatin.

Lembaga internasional itu lantas menyerukan kepada Malaysia dan Korut untuk tenang serta mendesak keduanya untuk menyelesaikan perbedaan melalui praktek diplomatik.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7658 seconds (0.1#10.140)