Meski Bersitegang Malaysia Ogah Putuskan Hubungan dengan Korut

Rabu, 08 Maret 2017 - 11:28 WIB
Meski Bersitegang Malaysia...
Meski Bersitegang Malaysia Ogah Putuskan Hubungan dengan Korut
A A A
KUALA LUMPUR - Malaysia tidak memiliki rencana untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Korea Utara (Korut) setelah eskalasi hubungan kedua negara memicu saling sandera warga negara. Hal tersebut diungkapkan oleh Perdana Menteri Malaysia Najib Razak.

"Kita adalah negara yang ramah untuk mereka," kata Najib kepada Parlemen seperti dikutip dari Reuters, Rabu (8/3/2017).

Najib juga berusaha untuk memberikan jaminan bahwa tidak ada ancaman terhadap keselamatan 11 warga Malaysia di Korut. Ia juga mengatakan mencoba untuk memutuskan permintaan pertukaran yang diajukan Korut untuk mengakhiri larangan perjalanan.

"Kami tidak memilih untuk berkonfrontasi dengan mereka tetapi ketika kejahatan telah dilakukan, terutama ketika senjata kimia telah di gunakan di Malaysia, kita berkewajiban untuk melindungi kepentingan Malaysia," kata Najib merujuk pada tewasnya Kim Jong-nam yang menggunakan racun saraf VX, sebuah bahan kimia yang dimasukan dalam senjata pemusnah massal oleh PBB.

Insiden saling sandera warga negara yang melibatkan Malaysia dan Korut membuat PBB prihatin. Lembaga internasional itu lantas menyerukan kepada Malaysia dan Korut untuk tenang serta mendesak keduanya untuk menyelesaikan perbedaan melalui praktek diplomatik.

Baca Juga: Memanas hingga Saling "Sandera", PBB Minta Korut dan Malaysia Tenang
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9153 seconds (0.1#10.140)