Lewat Telepon, Trump-Putin Bahas Upaya Berangus ISIS

Minggu, 29 Januari 2017 - 13:51 WIB
Lewat Telepon, Trump-Putin Bahas Upaya Berangus ISIS
Lewat Telepon, Trump-Putin Bahas Upaya Berangus ISIS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin dilaporkan telah melakukan komunikasi pertama sejak Trump menjabat sebagai Presiden AS. Dalam pembicaraan yang berlangsung semalam, keduanya membahas mengenai Suriah dan upaya memberangus ISIS.
Gedung Putih menyatakan, kedua pemimpin negara tersebut melakukan pembicaraan melalui telepon selama kurang lebih satu jam. Gedung Putih menuturkan, dalam pembicaraan itu keduanya mencapai kesepahaman mengenai pentingnya melakukan kerjasama untuk memberantas terorisme.
"Pembicaraan positif adalah awal yang signifikan untuk meningkatkan hubungan antara Amerika Serikat dan Rusia yang membutuhkan perbaikan," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (29/1).
"Baik Presiden Trump dan Presiden Putin berharap, setelah pembicaraan ini kedua belah pihak dapat bergerak cepat untuk mengatasi masalah terorisme dan isu-isu penting lainnya yang menjadi perhatian bersama," sambungnya.
Selain melakukan komunikasi dengan Putin, Gedung Putih juga menyebut Trump turut melakukan pembicaraan dengan pemimpin Uni Eropa, Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Francois Hollande, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe, dan Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8101 seconds (0.1#10.140)