Wakil Presiden Gambia Mengundurkan Diri

Kamis, 19 Januari 2017 - 17:26 WIB
Wakil Presiden Gambia Mengundurkan Diri
Wakil Presiden Gambia Mengundurkan Diri
A A A
BANJUL - Sumber pemerintah dan anggota keluarga mengatakan Wakil Presiden Gambia, Isatou Njie Saidy, telah mengundurkan diri dari jabatannya. Saidy telah menduduki kursi Wakil Presiden Gambia sejak tahun 1997.

Saidy adalah pejabat tertinggi yang memutuskan untuk meninggalkan Presiden Yahya Jammeh yang bersikukuh menentang pemimpin oposisi Adama Barrow. Barrow berhasil memenangkan pemilihan umum pada bulan Desember seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/1/2017).

Selain Saidy, Menteri Pendidikan Gambia Abubakar Senghore juga telah mengundurkan diri seperti dikatakan oleh sejumlah sumber.

Gambia jatuh dalam krisis politik setelah Presiden Al Hadji Yahya Jammeh, yang sudah 22 tahun berkuasa, menolak lengser setelah tidak mengakui kekalahannya dari Barrow dalam pemilu Desember 2016 lalu. Ia bahkan mengumumkan status darurat, sehari sebelum pelantikan presiden terpilih Adama Barrow.

Jammeh semula mengakui kekalahannya dalam pemilu. Tapi, dia mengubah keputusan awal itu dengan tidak mengakui kemenangan rival politiknya, Adama Barrow. Barrow yang semestinya jadi presiden baru telah berada di pengasingan di Senegal untuk mencari keselamatan.

Jammeh tetap menolak lengser meski ada ancaman intervensi militer dari negara-negara Afrika Barat. Selama berkuasa, Jammeh telah jadi sorotan media-media internasional atas berbagai keputusannya. Di antaranya, dia mengubah Gambia dari negara sekuler menjadi negara Islam dengan nama Republik Islam Gambia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7251 seconds (0.1#10.140)