Gerakan California Merdeka dari AS Buka Kedutaan di Moskow

Senin, 19 Desember 2016 - 10:21 WIB
Gerakan California Merdeka dari AS Buka Kedutaan di Moskow
Gerakan California Merdeka dari AS Buka Kedutaan di Moskow
A A A
MOSKOW - Sebuah gerakan kampanye menyerukan kemerdekaan California dari Amerika Serikat (AS) telah membuka ”kedutaan” di Moskow, Rusia. Gerakan ini ingin California keluar dari AS atau dikenal sebagai “Calexit”.

Berbicara pada konferensi pers pada hari Minggu, Louis Marinelli, pemimpin gerakan itu, mengatakan bahwa kedutaan yang dibuka itu tidak akan menangani masalah diplomatik. Tapi, akan bertindak sebagai lebih dari sebuah pusat budaya yang akan mendidik Rusia tentang sejarah California. Selain itu, keduataan itu akan berfungsi untuk meningkatkan hubungan perdagangan dan mempromosikan pariwisata.

”Kami tidak meminta bantuan militer dari Rusia,” ucap Marinelli. ”Kami tentu akan meminta pengakuan kemerdekaan dan pengakuan dari hasil referendum kemerdekaan kami (pada 2019), karena kami akan meminta seluruh masyarakat internasional mengakui hasilnya.”

Gerakan kemerdekaan California memperoleh beberapa traksi, khususnya di media sosial. Gerakan itu dianggap sebagai respons dari kemenangan Donald Trump pada pemilu AS bulan November lalu.

“(Gerakan ini) kampanye non-kekerasan untuk mendirikan negara dari California, menggunakan setiap dan semua sarana hukum dan konstitusional untuk melakukannya,” kata Marinelli, seperti dikutip Russia Today, Senin (19/12/2016).

Marinelli menambahkan bahwa dia ingin ”meletakkan dasar” bagi hubungan bilateral antara California merdeka dengan Rusia.

”Kami membuka percakapan di Rusia dan itu (untuk) tingkat yang jauh lebih kecil untuk AS ketika mereka menginginkan kemerdekaannya dari Kerajaan Inggris. Mereka pergi, mengejar bantuan militer dan sebagainya dan sebagainya. Kami tidak melakukan hal seperti itu," ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5970 seconds (0.1#10.140)