Pasukan Suriah Rebut Kota Tua Aleppo dari Pemberontak

Rabu, 07 Desember 2016 - 15:41 WIB
Pasukan Suriah Rebut Kota Tua Aleppo dari Pemberontak
Pasukan Suriah Rebut Kota Tua Aleppo dari Pemberontak
A A A
DAMASKUS - Kelompok monitor perang Suriah mengatakan tentara pemerintah telah menguasai bagian kota tua Aleppo yang dikuasai pemberontak. Ini merupakan bagian dari kemajuan yang pasukan pemerintah yang membuat pemberontak kehilangan sekitar dua pertiga wilayah kota yang menjadi basis utama mereka dalam dua minggu terakhir.

Tentara Suriah dan pasukan sekutunya mulai memasuki Kota Tua pada Selasa (6/12/2016), dan terlihat semakin dekat untuk mencapai kemenangan daripada sebelumnya. Kemenangan di Aleppo akan menjadi kemenangan penting dalam perang saudara yang berlangsung selama 5 tahun dengan membuat kelompok pemberontak terkepung di sebelah timur.

Kelompok Observatorium Suriah untuk HAM mengatakan kemajuan militer pada hari Selasa dan semalam didukung oleh serangan udara dan serangan artileri berat. Hal ini menyebabkan pemberontak menyerah untuk menarik diri dari Kota Tua bersejarah, termasuk dari daerah sekitar Masjid Umayyah yang bersejarah seperti dikutip Reuters, Rabu (7/12/2016).

Seorang pejabat berbasis Turki dari salah satu faksi pemberontak kepada Reuters mengatakan pasukan pemerintah telah mengambil bagian dari kota tua, tapi tidak semuanya. Sedangkan sebuah sumber militer mengkonfirmasikan kepada Reuters bahwa tentara Suriah telah memasuki Kota Tua Aleppo.

Mengembalikan kontrol penuh atas Aleppo, kota terpadat Suriah sebelum perang, akan menjadi hadiah utama bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad dalam konflik multi-sisi di negara itu.

Perang telah menewaskan ratusan ribu orang, membuat lebih dari setengah warga Suriah tunawisma dan menciptakan krisis pengungsi terburuk di dunia.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5970 seconds (0.1#10.140)