Serangan Drone AS Tewaskan Petinggi Al-Qaeda

Sabtu, 05 November 2016 - 14:14 WIB
Serangan Drone AS Tewaskan Petinggi Al-Qaeda
Serangan Drone AS Tewaskan Petinggi Al-Qaeda
A A A
WASHINGTON - Sebuah serangan pesawat tak berawak alias drone telah menewaskan pemimpin senior kelompok teroris internasional Al-Qaeda di Afghanistan. Pentagon mengkonfirmasi jika pemimpin senior yang tewas adalah Faruq al-Qatani.

Al-Qatani adalah pemimpin kelompok teroris untuk wilayah timur laut Afghanistan dan didakwa dengan menciptakan tempat berlindung yang aman bagi para militan di negara itu. Al-Qatani juga diyakini sebagai otak dari sejumlah serangan teroris di luar negeri.

Seperti dikutip dari Express, Sabtu (5/11/2016), Al-Qatani tewas dalam sebuah serangan di Kunar, Afghanistan, pada 23 Oktober lalu. Serangan mematikan itu juga menargetkan wakil dari al-Qatani, Bilal al-Utabi.

Al-Qatani dianggap sebagai salah satu yang tokoh paling senior Al-Qaeda yang tersisa di Afghanistan setelah sebagian besar petinggi kelompok pergi ke Suriah dan Irak. Ia dilaporkan bersembunyi di hutan lebat di wilayah itu dan medan berat.

Pentagon telah aktif memburu Qatani selama empat tahun. Dia memiliki hubungan panjang dengan Osama bin Laden sebelum kematiannya pada tahun 2011 akibat serangan AS di kompleks kediamannya di Pakistan.

Mantan direktur CIA, Michael Morell, mengatakan al-Qatani adalah "mimpi buruk bagi ahli kontraterorisme AS".
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5202 seconds (0.1#10.140)