AS Munculkan Hambali Pertama Kali sejak Dipenjara di Guantanamo

Jum'at, 19 Agustus 2016 - 08:12 WIB
AS Munculkan Hambali Pertama Kali sejak Dipenjara di Guantanamo
AS Munculkan Hambali Pertama Kali sejak Dipenjara di Guantanamo
A A A
WASHINGTON - Tahanan asal Indonesia, Hambali atau yang bernama asli Encep Nurjaman untuk pertama kalinya muncul di depan publik sejak ditahan di penjara Guantanamo, Kuba, hampir sepuluh tahun lalu. Hambali muncul ketika dipanggil dalam sidang pengadilan di Amerika Serikat (AS).

Sidang yang digelar hari Kamis waktu AS untuk menentukan apakah Hambali harus tetap berada di penjara Guantanamo atau tidak.

Pemerintah AS menyatakan bahwa Hambali adalah pemimpin kelompok ekstremis yang berbasis di Asia Tenggara yang dikenal sebagai Jemaah Islamiyah. Dia dan kelompoknya dianggap terlibat dalam serangkaian pengeboman di Indonesia.

Hambali juga diduga memiliki hubungan dengan al-Qaeda.

Dia ditahan di Guantanamo sejak September 2006 dan belum pernah terlihat di depan umum. Hambali muncul pertama kali di sidang pengadilan pada Kamis waktu AS.

Panel hakim, seperti dikutip dari Fox News, Jumat (19/8/2016) mendengar pernyataan yang dibacakan oleh seorang perwira militer AS yang bertindak sebagai wakil Hambali. Panel tidak mengeluarkan keputusan terkait status Hambali.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4662 seconds (0.1#10.140)