China Luncurkan Satelit buat Pantau Laut China Selatan

Kamis, 11 Agustus 2016 - 11:21 WIB
China Luncurkan Satelit buat Pantau Laut China Selatan
China Luncurkan Satelit buat Pantau Laut China Selatan
A A A
BEIJING - Surat kabar resmi China, China Daily melaporkan, satelit baru yang baru diluncurkan akan membantu Beijing melindungi kepentingan maritim. Peluncuran satelit itu dilakukan ditengah ketegangan yang tumbuh di atas wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan.

China telah meluncurkan satelit Gaofen 3 pada Rabu kemarin. Satelit ini memiliki sistem radar yang mampu menangkap gambar dari ruang angkasa dengan resolusi 1 meter dan dapat beroperasi di segala cuaca. Begitu pernyataan Administrasi Negara untuk Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Industri Pertahanan Nasional China.

"Satelit itu akan memainkan perang penting dalam memantau lingkungan laut, pulau-pulau dan karang, serta kapal dan rig minyak. Satelit seperti Gaofen 3 akan sangat berguna dalam melindungi hak-hak dan kepentingan maritim negara," tulis Daily China mengutip pemimpin proyek Xu Fuxiang seperti dikutip dari Reuters, Kamis (11/8/2016).

Pada bulan Juli lalu, pengadilan internasional di Den Haag memutuskan untuk menolak klaim China atas Laut China Selatan yang kaya akan sumber daya. China pun menolak keputusan itu dengan tegas dengan menyatakan pengadilan internasional tidak mempunyai kewenangan memutuskan perkara itu.

China mengklaim sebagian besar Laut China Selatan dimana wilayah itu menjadi jalur bagi niaga dunia senilai 5 triliun setiap tahunnya. Vietnam, China dan Taiwan mengklaim semua pulau Spratly yang disengketakan di Laut Cina Selatan, sementara Filipina, Malaysia dan Brunei mengklaim beberapa daerah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5201 seconds (0.1#10.140)