Kelewat Rasis, Poster Palang Merah Amerika Picu Kemarahan

Selasa, 28 Juni 2016 - 14:28 WIB
Kelewat Rasis, Poster Palang Merah Amerika Picu Kemarahan
Kelewat Rasis, Poster Palang Merah Amerika Picu Kemarahan
A A A
WASHINGTON - Poster yang diterbitkan Palang Merah Amerika memicu kemarahan karena kelewat rasis. Poster itu menggambarkan perenang anak kulit hitam yang disebut “tidak keren”.

Poster “water safety” yang dibuat oleh Palang Merah Amerika menunjukkan sekelompok anak kecil terlibat dalam berbagai kegiatan di kolam renang. Kemudian, ada tulisan “cool” dan “not cool” untuk menandai perilaku anak-anak yang tidak mematuhi aturan, termasuk mendorong orang ke kolam renang.

Namun, warga Amerika Serikat (AS) melalui Twitter marah, karena tulisan “not cool” itu dialamatkan pada anak kulit hitam.

Salah satu pengguna Twitter, John Sawyer, asal Washington DC, AS, menyatakan Palang Merah harus mengganti poster karena isinya super rasis.

Pengguna Twitter lain, Matt Hickman, menulis;”Serius, Palang Merah? Perilaku anak-anak kulit putih yang 'cool', anak-anak dari kulit berwarna (hitam) digambarkan sebagai nakal/tidak keren? #racism.”

Seorang ibu bernama Margaret Sawyer, kepada 9News, mengaku terkejut dengan poster organisasi kemanusiaan itu.

”Saya pikir ini harus benar-benar usang. Ini tidak mungkin menjadi poster,” ujarnya, seperti dikutip Mirror, Selasa (28/6/2016). Sawyer yang menyadari poster itu salah, mengaku benar-benar marah atas keteledoran Palang Merah.

Sementara itu, pihak Palang Merah Amerika telah meminta maaf atas terbitnya poster berjudul ”Be Cool, Follow The Rules” tersebut.

“Palang Merah Amerika menghargai dan sensitif terhadap keprihatinan yang diangkat tentang salah satu poster water safety yang kita diproduksi,” bunyi pernyataan Palang Merah Amerika.

”Kami sangat meminta maaf atas kesalahpahaman, karena itu benar-benar tidak niat kami untuk menyinggung siapa pun,” lanjut pernyataan Palang Merah.

”Sebagai salah satu organisasi kemanusiaan bangsa tertua dan terbesar, kami berkomitmen untuk keragaman dan inklusi dalam semua yang kita lakukan, setiap hari.”
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3447 seconds (0.1#10.140)