Israel-Turki Lanjutkan Pembicaraan Soal Normalisasi Hubungan

Minggu, 26 Juni 2016 - 22:12 WIB
Israel-Turki Lanjutkan Pembicaraan Soal Normalisasi Hubungan
Israel-Turki Lanjutkan Pembicaraan Soal Normalisasi Hubungan
A A A
ROMA - Negosiator Israel dan Turki akan bertemu di Roma, Italia, dengan tujuan mencapai kesepakatan tentang normalisasi hubungan kedua negara setelah merenggang selama enam tahun. Sebelumnya, diskusi diharapkan akan mengambil tempat di Turki.

Menurut laporan media dan pejabat Israel, jika kesepakatan normalisasi ini tercapai, maka akan dibawa ke sidang kabinet keamanan Israel pada hari Rabu mendatang untuk mendapatkan persetujuan.

Para analis mengatakan, kesepakatan normalisasi sangat mungkin terjadi pada pertemuan yang dihelat pada Minggu (26/6/2016), seperti dikutip dari laman Al Arabiya.

Hubungan erat Israel dan Turki memanas setelah pasukan komando Israel melakukan operasi serangan fajar terhadap konvoi kapal pembawa bantuan bagi warga Palestina di Jalur Gaza pada Mei 2010 lalu.

Untuk menormalisasi hubungan, Turki mengajukan tiga syarat, yaitu permintaan maaf dan kompensasi. Sebagian besar kompensasi ini telah terpenuhi, hanya tinggal syarat ketiga, yaitu pencabutan blokade Gaza yang masih menjadi kendala utama.

Menurut harian Hurriyet Turki, kedua belah pihak telah mencapai kompromi, dimana Turki akan mengirim bantuan untuk Palestina melalui pelabuhan Israel Ashdod, bukan langsung ke Gaza.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5458 seconds (0.1#10.140)