Uni Eropa Dukung Inisiatif Perdamaian Prancis

Rabu, 22 Juni 2016 - 21:47 WIB
Uni Eropa Dukung Inisiatif Perdamaian Prancis
Uni Eropa Dukung Inisiatif Perdamaian Prancis
A A A
BRUSSELS - Dewan Menteri Luar Negeri Uni Eropa telah mengadopsi resolusi yang mendukung inisiatif Prancis untuk menyelesaikan konflik Israel-Palestina. Israel telah berulang kali menolak inisiatif Perancis, tetapi Otoritas Palestina menyambut itu.

"Dewan menyambut baik Komunike Bersama atas prakarsa perdamaian Timur Tengah yang diadopsi pada pertemuan Menteri di Paris pada tanggal 3 Juni 2016," bunyi pernyataan bersama Dewan Menteri Luar Negeri Uni Eropa setelah pertemuan mereka di Brussels.

"Dewan menegaskan kembali dukungan untuk resolusi adil, berkelanjutan dan komprehensif dari konflik Israel-Palestina, dan perdamaian dan stabilitas di kawasan itu," sambung pernyataan itu seperti dikutip dari Middle East Monitor, Rabu (22/6/2016).

Pernyataan ini juga menyerukan kedua belah pihak untuk menunjukkan, melalui kebijakan dan tindakan, komitmen tulus untuk solusi damai guna membangun kembali kepercayaan. Kedua belah pihak juga diminta untuk menciptakan kondisi untuk melakukan negosiasi langsung dan bermakna dengan tujuan mengakhiri pendudukan yang dimulai pada 1967 dan menyelesaikan semua masalah status secara permanen.

"Dewan juga menegaskan kembali proposal Eropa, seperti yang disahkan dalam Kesimpulan Dewan Desember 2013, dari paket belum pernah terjadi sebelumnya dari dukungan politik, ekonomi dan keamanan yang akan ditawarkan ke dan dikembangkan oleh kedua belah pihak dalam konteks status akhir perjanjian."

Dewan mengatakan bahwa itu ditentukan, bersama mitra internasional dan regional lainnya, untuk membawa kontribusi yang konkret dan substansial ke set global insentif bagi para pihak untuk berdamai.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6794 seconds (0.1#10.140)