Pembunuh Legislator Inggris Simpatisan Kelompok Neo Nazi

Jum'at, 17 Juni 2016 - 21:22 WIB
Pembunuh Legislator Inggris Simpatisan Kelompok Neo Nazi
Pembunuh Legislator Inggris Simpatisan Kelompok Neo Nazi
A A A
LONDON - Pria yang ditahan sehubungan dengan pembunuhan terhadap anggota parlemen Inggris, Jo Cox, sempat memiliki hubungan dengan kelompok neo Nazi yang berbasis di Amerika Serikat. Kelompok ini memiliki pedoman merakit senjata sendiri, seperti diungkapkan kelompok pengawas perilaku ekstrimis.

Polisi menangkap seorang pria usai pembunuhan terhadap Cox, tanpa mengungkapkan identitasnya. Media Inggris meyakininya sebagai Tommy Mair (52). Mair, menurut Southern Poverty Law Center, adalah pendukung Aliansi Nasional, sebuah kelompok yang mendukung supremasi kulit putih. Pada tahun 1999, Mair diketahui membeli panduan merakit pistol dari organisasi tersebut.

Selain itu, Mair juga diketahui mengirim uang sebesar USD620 untuk kelompok tersebut guna menerbitkan sejumlah buku seperti Incendiaries, Bahan Kimia dan Peledak, dan Panduan Membuat Perlengkapan Perang, seperti dikutip dari New York Times, Jumat (17/6/2016).

Sementara itu, seorang saksi dalam kejadian itu mengatakan, Mair berteriak "Britain first!" selama dan setelah serangan itu. Britain first adalah nama dari kelompok kanan yang melakukan aksi demonstrasi anti Muslim provokatif. Namun, pasca penyerangan itu, organisasi ini menyangkal keterlibatannya dan mengatakan tidak pernah mendukung tindakan seperti itu.

Anggota parlemen atau DPR Inggris dari Partai Buruh, Jo Cox, tewas setelah ditembak tiga kali dan ditikam di kawasan West Yorkshire. Ia ditembak dan ditikam di luar perpustakaan Birstall. Sempat diterbangkan ke Leeds General Infirmary, namun tak berapa lama, politisi perempuan Inggris ini dinyatakan meninggal.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7339 seconds (0.1#10.140)