Turki Tangkap Pria Indonesia, KBRI Turun Tangan

Kamis, 16 Juni 2016 - 15:05 WIB
Turki Tangkap Pria Indonesia, KBRI Turun Tangan
Turki Tangkap Pria Indonesia, KBRI Turun Tangan
A A A
JAKARTA - Seorang pria Indonesia berinisial HL ditangkap aparat Turki di Gaziantep atas tuduhan terlibat dalam organisasi Hizmet, sebuah kelompok terlarang di Turki. Pihak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Ankara turun tangan membantu HL.

Hal itu diungkap Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui juru bicaranya, Arrmanatha Nasir, Kamis (16/6/2016).

”Akses kekonsuleran telah diberikan, dan pihak KBRI telah bertemu dia untuk kedua kali. KBRI sudah memberikan bantuan pakaian, dan kondsinya saat ini sangat baik," kata Arrmanatha.

”Dia merasa tidak melakukan kegiatan yang dituduhkan. Bantuan hukum akan terus diberikan dan kita akan terus membantu dia membuktikan kalau dia tidak terlibat,” ujarnya.

Penangkapan terhadap HL berlangsung awal bulan ini.

”HL ditangkap di Gaziantep tanggal 3 Juni bersama dua orang warga negara Turki atas dugaan keterlibatan dalam organisasi terlarang di Turki (kelompok Hizmet). HL sendiri tinggal di Turki dengan status mahasiswa,” demikian keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia dalam siaran pers-nya.

Hizmet adalah kelompok yang dipimpin ulama intelektual Fethullah Gulen yang saat ini tinggal di Amerika Serikat (AS). Sosok Gulen dikenal sebagai seteru abadi Presiden Turki; Tayyip Erdogan.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5199 seconds (0.1#10.140)