Bantuan Kemanusiaan Gelombang Kedua Pemerintah Indonesia Tiba di Turki

Selasa, 14 Februari 2023 - 16:33 WIB
loading...
Bantuan Kemanusiaan Gelombang Kedua Pemerintah Indonesia Tiba di Turki
Bantuan kemanusiaan gelombang kedua pemerintah Indonesia telah tiba di Turki pada Selasa (14/2/2023) malam waktu setempat. Sedangkan bantuan gelombang pertama telah tiba beberapa waktu yang lalu. Foto/Ilustrasi
A A A
ANKARA - Bantuan Kemanusiaan Gelombang Kedua dari Pemerintah RI untuk korban gempa bumi di Turki , tiba di Bandara Sakirpasa, Adana, pada Selasa (14/2/2023), pukul 21.00 waktu setempat. Rombongan juma membawa tim EMT (Emergency Medical Team), rumah sakit lapangan serta bantuan logistik kemanusiaan seberat hampir 40 ton.

Rombongan diterima langsung oleh Dubes RI untuk Turki, Lalu Muhamad Iqbal, dan Koordinator Bantuan Kemanusiaan AFAD, Duta Besar Mehmet Gulluoglu.

“Selamat datang saudaraku di Turki. Terima kasih atas ekspresi solidaritas kalian yang sangat tulus. Saya sangat tersentuh dengan kehadiran kalian di saat kami membutuhkan," ujar Dubes Mehmet dalam keterangan tertulis KBRI Ankara.



Rombongan emergency yang dikoordinasikan oleh BNPB, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan ini beranggota berbagai unsur kesehatan dan pendukung dari Kementerian Kesehatan, TNI, Polri dan unsur non-pemerintah. Sementara itu dari unsur non-pemerintah, komponen terbesarnya adalah dari MDMC (Muhammadiyah DisasI), NU, asosiasi dokter spesialis dan lainnya.

Segera setelah tiba di Adana, tim yang tergabung dalam Emergency Medical Team (EMT) ini melakukan aklimatisasi dan pagi harinya mendapatkan entry briefing dari Duta Besar RI di Turki mengenai situasi terakhir di lapangan serta strategi untuk masuk ke daerah operasi agar tim dapat melaksanakan tugasnya sebaik mungkin.

Selepas briefing, tim langsung menuju ke lokasi untuk mulai membangun rumah sakit lapangan seluas 2,5 hektar yang akan dioperasikan oleh hampir seratus tenaga medis dan paramedis.



Rumah sakit lapangan tersebut akan dibangun di dekat perkampungan di kota Hassa, Hatay agar dapat langsung membantu korban di sekitar kota Hassa maupun dari kota lain yang belum tertangani.

Indonesia memberikan bantuan kemanusiaan dalam 3 gelombang. Hingga saat ini dua gelombang telah tiba. Gelombang terakhir akan tiba di Turki tanggal 18 Februari 2023 mendatang.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1748 seconds (0.1#10.140)