Setelah Polandia, NATO Gelar Latgab di Baltik

Minggu, 12 Juni 2016 - 15:23 WIB
Setelah Polandia, NATO Gelar Latgab di Baltik
Setelah Polandia, NATO Gelar Latgab di Baltik
A A A
RIGA - NATO dilaporkan telah memulai lalihan militer dalam skala yang cukup besar di wilayah Baltik. Latvia menjadi tuan rumah latihan gabungan NATO, yang diberi nama Saber Strike tersebut.

Menurut lapora media setempat, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (12/6), latihan militer itu sudah dimulai sejak kemarin. Latihan itu, menurut laporan media latvia diawali dengan latihan militer menggunakan tank di Pangkalan Militer Adazi yang terletak dekat ibukota Latvia, Riga.

Dilakukan setiap tahun sejak 2010, Saber Strike adalah salah satu latihan gabungan antara negara Eropa dan Amerika Serikat (AS). Latihan ini biasanya digelar di Estonia, Latvia dan Lithuania.

Negara peserta Saber Strike tahun ini adalah tiga negara Baltik itu, lalu Denmark, Finlandia, Prancis, Jerman, Luksemburg, Norwegia, Polandia, Slovenia, Inggris dan tentu saja AS.

Sebelumnya, NATO juga melakukan latihan militer besar-besaran yang berlangsung di Polandia. Latihan militer ini diikuti oleh setidaknya 20 negara anggota aliansi tersebut.

Selama lebih dari 10 hari, sekitar 30 ribu lebih tentara yang didukung oleh sejumlah besar kendaraan, pesawat terbang dan kapal akan terlibat dalam latihan yang disebut-sebut terbesar pada sisi timur NATO sejak akhir Perang Dingin tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7683 seconds (0.1#10.140)