Konferensi Perdamaian Terunda, Hamas Salahkan Pemerintah Palestina

Minggu, 22 Mei 2016 - 15:17 WIB
Konferensi Perdamaian...
Konferensi Perdamaian Terunda, Hamas Salahkan Pemerintah Palestina
A A A
GAZA - Hamas akhirnya angkat bicara mengenai penundaan konferensi perdamaian internasional, yang merupakan inisiatif Prancis untuk mencari solusi damai Israel dan Palestina. Hamas menyalahkan pemerintah otoritas Palestina atas molornya konferensi tersebut.

"Keputusan Prancis untuk menunda konferensi ini adalah puncak dari kegagalan kebijakan yang dibuat oleh Abu Mazen," kata Hamas menggunakan nama lain dari Presiden Palestina, Mahmoud Abbas seperti dilansir YnetNews pada Minggu (22/5).

Seperti diketahui, Presiden Prancis Francois Hollande beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa mereka akan menuda konferensi internasional perdamaian Israel dan Palestina. Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) John Kerry menjadi penyebab ditundanya konferensi itu.

Kerry, yang mewakili AS dalam pertemuan itu dipastikan tidak bisa hadir jika pertemuan digelar sesuai jadwal, yakni pada tanggal 30 Mei mendatang. Oleh karena itu, Prancis memutuskan untuk menunda penyelengaraan konferensi tersebut.

"John Kerry tidak bisa datang pada tanggal 30 Mei, sehingga konferensi ini akan ditunda, dan akan berlangsung di musim panas," kata Hollande dalam sebuah pernyataan beberapa waktu lalu.

AS adalah bagian dari kuartet perdamaian Israel-Palestina bersama dengan Rusia, Uni Eropa dan PBB, dan juga merupakan anggota tetap Dewan Keamanan (DK) PBB. Prancis berharap semua anggota, baik kuartet atau DK PBB dapat hadir dalam pertemuan itu, dan memberikan pandangan mereka soal penyelesaian konflik Israel dan Palestina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0825 seconds (0.1#10.140)