Donald Trump Bilang Inggris Lebih Baik Tanpa Bersama Uni Eropa

Jum'at, 06 Mei 2016 - 16:13 WIB
Donald Trump Bilang...
Donald Trump Bilang Inggris Lebih Baik Tanpa Bersama Uni Eropa
A A A
WASHINGTON - Kandidat calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik; Donald Trump mengatakan, bahwa Inggris akan lebih baik tanpa bersama Uni Eropa. Dia meyakini, Inggris akan lebih baik dari Uni Eropa.

Saya pikir migrasi telah menjadi hal yang mengerikan untuk Eropa. Banyak yang didorong oleh Uni Eropa. Saya akan mengatakan bahwa mereka (Inggris) lebih baik tanpa itu (Uni Eropa),” kata Trump dalam wawancaranya dengan Fox News, hari Kamis.

“Itu secara pribadi, tapi saya tidak membuat itu sebagai rekomendasi. Hanya perasaan saya. Saya akan mengatakan bahwa mereka lebih baik tanpa itu, tapi saya ingin mereka membuat keputusan mereka sendiri,” lanjut miliarder AS ini seperti dilansir Reuters, Jumat (6/5/2016).

Rakyat Inggris akan memilih pada 23 Juni 2016 untuk menentukan apakah keluar dari Uni Eropa atau tetap bergabung.


Pada pekan terkhir April 2016 lalu, Presiden Barack Obama, mengancam Inggris jika negara itu keluar dari keanggotaan Uni Eropa. Obama mengancam tidak memprioritaskan Inggris dalam penawaran perdagangan dengan AS.

Ancaman Obama kala itu muncul ketika berbicara pada briefing bersama Perdana Menteri Inggris David Cameron, di London.

Saya pikir itu adil untuk mengatakan bahwa mungkin di beberapa titik,di bawah garis, ada perjanjian perdagangan Inggris-AS, tapi itu tidak akan terjadi dalam waktu dekat karena fokus kami adalah dalam negosiasi dengan blok besar, Uni Eropa, untuk mendapatkan perjanjian perdagangan yang dilakukan,” kata Obama.

Dan Inggris akan berada di belakang antrean,” lanjut Obama, mengacu pada imbas yang dialami Inggris bila nekat keluar dari Uni Eropa.


Cameron menanggapi komentar Obama yang bernada ancaman itu dengan menyebutnya sebagai "teman yang sangat baik". “Yang bisa diandalkan untuk Inggris dalam memberi nasihat bijak,” ujar Cameron.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4641 seconds (0.1#10.140)