Pesawat Separuh Abad B-52 Amerika Gencar Bombardir ISIS

Kamis, 21 April 2016 - 14:42 WIB
Pesawat Separuh Abad B-52 Amerika Gencar Bombardir ISIS
Pesawat Separuh Abad B-52 Amerika Gencar Bombardir ISIS
A A A
WASHINGTON - Pesawat pengebom B-52 gencar membombardir basis ISIS di Irak, meski umur pesawat itu sudah lebih dari setengah abad.

Pentagon mengklaim pesawaat bomber B-52 masih mampu meluncurkan “serangan presisi”. Demikian disampaikan juru bicara Operation Resolve Inherent—misi anti-ISIS Pentagon—Kolonel Steve Warren.

Pesawat pengebom itu mulai membombardir ISIS sejak hari Senin dengan target fasilitas penyimpanan senjata kelompok Islamic State (ISIS) di Qayyarah, Irak.

Nam lengkap pesawat B-52 adalah pesawat B-52 Stratofortress. Pesawat ini diperkenalkan pertama kali pada tahun 1950-an. Dengan usianya yang sudah 55 tahun, pesawat ini masih diandalkan untuk misi tempur.


Ada kenangan di bawah sadar kolektif (tentang) B-52s, satu dekade yang lalu, di man bisa dibilang melakukan pengeboman sembarangan,” kata Warren kepada AFP yang dilansir Kamis (21/4/2016). Hari-hari sudah lama berlalu. B-52 adalah platform senjata serangan presisi dan akan melakukan jenis yang sama dari serangan presisi yang telah kita lihat selama 20 bulan terakhir.


Pesawat B-52 pernah menjatuhkan hingga 15 ribu ton bom non-presisi untuk melawan Kamboja, Laos, dan Vietnam Utara selama Perang Vietnam pecah di masa lalu.


Dalam misi anti-ISIS di Irak, pesawat B-52 menggantikan misi pesawat B-1 untuk sementara. Pesawat B-1 telah ditarik Pentagon untuk menjani upgrare setelah sebelumnya juga diandalkan untuk menggempur ISIS di Irak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6311 seconds (0.1#10.140)