Korea Utara Gali Lagi Terowongan Situs Uji Coba Nuklir

Kamis, 21 April 2016 - 12:17 WIB
Korea Utara Gali Lagi Terowongan Situs Uji Coba Nuklir
Korea Utara Gali Lagi Terowongan Situs Uji Coba Nuklir
A A A
WASHINGTON - Korea Utara (Korut) terpantau citra satelit tengah menggali lagi terowongan di situs uji coba nuklir. Hasil pantauan citra sateit itu dilaporkan website 38North, dijalankan oleh Johns Hopkins University.

Aktivis penggalian terowogan ini mirip seperti yang terjadi pada bulan Januari, yakni untuk menyembunyikan persiapan uji coba senjata nuklir.
Situs uji coba nuklir yang terpantau citra satelit itu bernama situs Punggye-ri. Gambar citra satelit yang diambil pada hari Selasa menunjukkan dua titik kecil dari “gerobak” di jalur persimpangan jalan dari pintu masuk terowongan.


Kehadiran dua gerobak dan tidak adanya perubahan penting di tumpukan galian menunjukkan operasi penggalian terowongan dilanjutkan, atau baru saja dilanjutkan lagi, untuk pertama kalinya pada tahun ini,” demikian laporan website 38 North, yang dilansir Reuters, Kamis (21/4/2016).

Masih menurut laporan itu, gambar citra satelit juga menunjukkan pergerakan terbatas dari kendaraan dan peralatan di situs yang sudah tiga kali menjadi medan uji coba nuklir Korut itu.

Kegiatan ini sendiri tidak berarti persiapan tes (nuklir) sudah dekat. Namun, kemungkinan tes akan muncul tidak dapat dikesampingkan,” imbuh laporan itu.

Seorang pejabat Korea Selatan menolak berkomentar pada setiap laporan baru tentang aktivitas nulir Korut. Namun, militer Seou telah diperintahkan siaga tinggi atas kemungkinan bahwa Korut melakukan uji coba nuklir setiap saat.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5167 seconds (0.1#10.140)