Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami Guncang Vanuatu

Minggu, 03 April 2016 - 16:12 WIB
Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami Guncang Vanuatu
Gempa Dahsyat Berpotensi Tsunami Guncang Vanuatu
A A A
PORT VILA - Sebuah gempa dengan kekuatan 7,2 skala richter (SR) dilaporkan menghantam Vanuatu. Pusat peringatan dini tsunami di Pasifik menyebut gempa tersebut berpotensi menimbulkan tsunami.

"Gempa dengan kekuatan 7,2 SR terjadi di lepas pantai negara kepulauan di selatan Pasifik, dan ada kemungkinan tsunami," kata Pusat peringatan dini tsunami di Pasifik dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Minggu (3/4).

Menurut Badan Survei Geologi Amerika Serikat (AS), gempa tersebut berpusat di 151 km sebelah barat laut dari Santo, Vanuatu, dengan kedalaman sekitar 35 kilometer yang bisa terbilang cukup dangkal.

Pada awalnya Survei Geologi AS menyebut kedalaman gempa hanya sekitar 10 kilometer, sebelum mereka meralatnya menjadi 35 kilometer. Seperti diketahui, semakin dangkal sumber gempa, maka semakin besar kerusakan yang diakibatkan.

Sementara itu, sejauh ini belum ada laporan yang mengatakan adanya kerusakan atau adanya korban, baik korban jiwa ataupun korban luka akibat gempa tersebut.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5194 seconds (0.1#10.140)