Pertama di Dunia, Hati Penderita HIV Dicangkok ke Pasien HIV

Jum'at, 01 April 2016 - 18:01 WIB
Pertama di Dunia, Hati Penderita HIV Dicangkok ke Pasien HIV
Pertama di Dunia, Hati Penderita HIV Dicangkok ke Pasien HIV
A A A
WASHINGTON - Ahli bedah Amerika Serikat (AS) telah berhasil melakukan transplantasi (cangkok) hati pertama di dunia dari penderita HIV ke pasien yang terinfeksi HIV.

Operasi ini dilakukan tiga tahun setelah undang-undang yang melarang penggunaan organ tubuh dari orang-orang penderita HIV dihapuskan.

Dokter di Johns Hopkins University telah mengumumkan hasil operasi yang berlangsung sekitar dua minggu lalu.

Donor yang telah meninggal memberikan hati dan ginjal mereka untuk dua penerima yang berbeda yang sama-sama terinfeksi HIV. Hati diberikan kepada pasien yang terinfeksi dengan virus AIDS lebih dari 20 tahun yang lalu. Sedangkan ginjal diberikan kepada pasien yang telah menderita HIV selama 30 tahun.


Beberapa minggu yang lalu kami melakukan transplantasi hati pertama HIV-to-HIV di dunia, dan transplantasi ginjal pertama ‘HIV-to-HIV di Amerika Serikat,” kata Dorry Segev, profesor bedah di Johns Hopkins Medicine dalam konferensi pers, yang dilansir Russia Today, Jumat (1/4/2016).

Ini adalah hari yang sangat menarik bagi kami, kata Segev. ”Itu benar-benar hanya permulaan,” lanjut dia.

Menurut para dokter, para pasien mengambil bagian dalam operasi itu saat ini mulai pulih. Pasien penerima ginjal sudah meninggalkan rumah sakit.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3722 seconds (0.1#10.140)