ISIS Serang Milisi Kurdi Suriah di Perbatasan Turki

Sabtu, 27 Februari 2016 - 23:19 WIB
ISIS Serang Milisi Kurdi Suriah di Perbatasan Turki
ISIS Serang Milisi Kurdi Suriah di Perbatasan Turki
A A A
DAMASKUS - Militan ISIS melancarkan serangan terhadap kelompok Kurdi Suriah yang menguasai sebuah kota di perbatasan Suriah dengan Turki. Aksi ini mendorong serangan udara oleh pasukan koalisi pimpinan AS untuk mengusir mereka.

"ISIS menyerang kota Tel Abyad, yang dikendalikan oleh milisi Kurdi Suriah YPG, dan kota terdekat dari Suluk pada Sabtu dini hari," ujar juru bicara YPG Redur Xelil dikutip dari Reuters, Sabtu (27/2/2016).

Serangan itu diluncurkan beberapa jam setelah penghentian permusuhan mulai berlaku di bawah pengawasan Amerika Serikat (AS)-Rusia. Xelil mengatakan, YPG dan pasukan keamanan internal Kurdi Suriah mampu mementahkan serangan dan mengepung para penyerang. Namun, ia tidak memberikan jumlah korban dalam insiden itu.

Xelil mengatakan, beberapa penyerang menyusup dari perbatasan Turki di utara dan penyerang lainnya menyusup dari selatan. Dia mengatakan, puluhan pejuang Negara Islam telah terbunuh. Ia pun menuding Turki mendukung kelompok ekstrimis tersebut.

Sementara sumber-sumber keamanan Turki mengatakan, serangan itu dilakukan dari dua arah. Suara tembakan dan ledakan terdengar dari kota Akcakale di sisi Turki, dan berlangsung selama beberapa jam.

"Meskipun tidak secara langsung menangani serangan Tel Abyad, 14 jet tempur F-16 Turki berpatroli di perbatasan Turki-Suriah pada Jumat," kata militer Turki.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5127 seconds (0.1#10.140)