Sebut Obama Keturunan Budak, Anggota DPR Jepang Minta Maaf

Kamis, 18 Februari 2016 - 11:39 WIB
Sebut Obama Keturunan Budak, Anggota DPR Jepang Minta Maaf
Sebut Obama Keturunan Budak, Anggota DPR Jepang Minta Maaf
A A A
TOKYO - Seorang anggota parlemen Jepang bernama Kazuya Maruyama dipaksa untuk meminta maaf pada Rabu kemarin setelah membuat komentar rasis terhadap Presiden Amerika Serikat (AS), Barack Obama. Politikus Jepang itu menyebut Obama keturunan budak.

Kazuya Maruyama merupakan anggota Diet—bagian dari Partai Demokrat Liberal pendukung Perdana Menteri Shinzo Abe.

Di Amerika Serikat, seorang pria kulit hitam menjadi presiden. Menjadi tumpul,dia yang memiliki darah orang kulit hitam adalah budak,” katanya dalam sesi acara di Majelis Konstitusi.

Ketika Amerika Serikat didirikan, tidak ada yang diharapkan (warga kulit) hitam atau budak, untuk menjadi presiden. Ini adalah negara yang telah berubah secara dinamis,” lanjut dia, seperti dikutip IB Times, Kamis (18/2/2016).

Menurutnya, masalah akan datang jika Jepang menjadi negara ke-51 dari sekutu AS, dan jadi sekutu utama Washington di Asia Timur. Komentarnya itu menuai kecaman, terutama dari kubu oposisi Jepang.

Dalam sebuah konferensi pers, mantan pengacara itu meminta maaf. ”Saya benar-benar menyesal, saya membuat pernyataan yang bisa disalahpahami," katanya, menurut JapanToday.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8390 seconds (0.1#10.140)
pixels