Didesak Tekan Korut soal Bom Nuklir, China Balas Mencela AS

Selasa, 26 Januari 2016 - 16:09 WIB
Didesak Tekan Korut...
Didesak Tekan Korut soal Bom Nuklir, China Balas Mencela AS
A A A
BEIJING - Pemerintah China pada Selasa (26/1/2016) mencela Amerika Serikat (AS) setelah pejabatnya membuat pernyataan tak bertanggung jawab yang mendesak Beijing menekan Korea Utara (Korut) untuk mengekang program bom nuklirnya.

China tidak terima didesak AS karena merasa sudah berbuat lebih untuk menekan rezim Kim Jong-un itu.

Menteri Luar Negeri AS, John Kerry, sebelumnya telah berjanji untuk mendesak China agar berbuat lebih dalam mengekang program nuklir Korut. Pernyataan Kerry itu menyusul klaim Korut bahwa mereka berhasil menguji coba miniatur senjata nuklir jenis bom hidrogen.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, kepada wartawan, mengatakan bahwa pernyataan pejabat AS itu tidak bertanggung jawab. Karena, hanya menyalahkan negara lain.

Hua mendesak AS ikut ambil tanggung jawab terhadap Korut dan bukan hanya menyalahkan negara lain. ”Banyak pernyataan tidak masuk akal dan tidak konstruktif,” kata Hua, seperti dikutip Reuters.

China dikenal sebagai sekutu utama Korut. Namun, belum jelas apakah China menjalin hubungan bisnis dengan rezim Kim Jong-un atau tidak, mengingat Korut sedang dikenai sanksi oleh Dewan Keamanan PBB terkait program nuklirnya yang berbahaya.

Korut selama ini mengabaikan sanksi dari Dewan Keamanan PBB yang mereka anggap tidak adil. Negara tertutup di Semenanjung Korea itu menegaskan diri sebagai “negara nuklir” dan tidak akan melucuti program nuklirnya. Alasannya, Korut tidak ingin nasibnya seperti rezim Saddam Hussein di Irak dan rezim Muammar Gaddafi di Libya yang diserang AS dan NATO setelah berhenti mengejar ambisi nuklir.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9116 seconds (0.1#10.140)