Waswas Diracun, Mafia Narkoba El Chapo Dijaga Anjing K9

Kamis, 21 Januari 2016 - 13:33 WIB
Waswas Diracun, Mafia Narkoba El Chapo Dijaga Anjing K9
Waswas Diracun, Mafia Narkoba El Chapo Dijaga Anjing K9
A A A
MEXICO CITY - Mafia kartel narkoba paling berbahaya di Meksiko, Joaquin Guzman alias El Chapo yang telah ditangkap setelah enam bulan buron, kini dijaga anjing K9 di sekitar penjara tempatnya mendekam. Hal itu untuk mengantisipasi jika El Chapo dibunuh dengan racun.

Setelah ditangkap pada 8 Januari 2016, El Chapo dijebloskan lagi ke penjara Altiplano, penjara dengan tingkat keamanan maksimal. Di penjara itulah, El Chapo pernah melarikan diri melalui sebuah terowongan.

Anjing K9 diandalkan aparat keamanan Meksiko karena dianggap mampu mendeteksi makanan yang mengandung racun. Pelibatan anjing K9 untuk menjaga El Chapo itu disampaikan Kepala Sistem Penajra Meksiko, Eduardo Guerrero, kepada Radio Imagen.


Sebuah (unit)K9 diandalkan untuk mendeteksi selera makanan, karena kita harus merawat integritas fisiknya terkait kasus seseorang yang ingin meracuni dia,” ujar Guerrero. Menurutnya, mafia narkoba Meksiko yang ada di penjara pernah dibunuh dengan racun.

Anjing-anjing K9 juga dilatih untuk mengenali bau, sebagai bagian dari upaya untuk mencegah pelarian dari tahanan.

Menurut Guerrero, El Chapo telah dipindahkan ke sel yang berbeda 11 kali tanpa peringatan. “Dia tertekan ketika dia tiba, lelah, itu adalah apa yang dia katakana dalam wawancara pertamanya. Dia sangat lelah menjadi buron, kata Guerrero, yang dilansir Kamis (21/1/2016).


Pejabat memberi El Chapo salinan novel klasik "Don Quixote". “karena kita berpikir bahwa itu adalah buku yang sangat bagus dan saya berpikir bahwa kita harus mulai memberinya jenis bahan bacaan, sehingga dia mulai membaca,” ujarnya.

Ibu dari putri kembarnya, Emma Coronel, hingga kini belum memiliki akses untuk melihat El Chapo sejak dijebloskan lagi ke penjara. Coronel merupakan mantan ratu kecantikan yang menikah dengan El Chapo sejak satu dekade lalu. Namun, menurut Guerrero, El Chapo tidak bercerai dari istrinya sebelumnya meski menikahi Coronel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6120 seconds (0.1#10.140)