UE Sampaikan Ucapan Belasungkawa pada Burkina Faso

Sabtu, 16 Januari 2016 - 22:18 WIB
UE Sampaikan Ucapan...
UE Sampaikan Ucapan Belasungkawa pada Burkina Faso
A A A
BRUSSELS - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa (UE), Federica Mogherini menyampaikan ucapan belasungkawa kepada keluarga korban serangan teroris di ibukota Burkina Faso, Ougadougou.

"UE menyampaikan duka yang mendalam kepada para korban, keluarga mereka, dan orang-orang di Burkina Faso. Aksi teroris ini datang di saat rakyat Burkina Faso menyatakan tekad mereka untuk hidup dalam damai dan stabilitas lewat pemilu damai mereka pada November lalu," kata Mogherini dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman Sputniknews, Sabtu (16/1/2016).

Mogherini juga menyampaikan dukungan UE terhadap Burkina Faso untuk memerangi terorisme. Brussels akan bersatu dengan Burkina Faso dan negara-negara wilayah Sahel lainnya dalam memerangi terorisme, serta dalam membela nilai-nilai perdamaian, kebebasan dan keberagaman.

Empat anggota kelompok teroris al-Qaeda in the Islamic Maghreb (AQIM) menyerang hotel sebuah hotel, Splendid Hotel, dan sebuah kafe yang kerap dikunjungi oleh staf PBB dan orang-orang barat. Mereka menyandera sejumlah pengunjung yang ada di dalamnya.

Setelah melakukan pengepungan, pasukan keamanan Burkina Faso dibantu pasukan Prancis melakukan operasi pembebasan sandera. Tak kurang dari 126 sandera berhasil dibebaskan dalam operasi tersebut. Sementara 23 orang dan 4 pelaku penyerangan tewas dalam insiden tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1698 seconds (0.1#10.140)