Kas ISIS di Mosul Dibom, Uang Tunai Jutaan Dolar Hancur

Selasa, 12 Januari 2016 - 15:59 WIB
Kas ISIS di Mosul Dibom, Uang Tunai Jutaan Dolar Hancur
Kas ISIS di Mosul Dibom, Uang Tunai Jutaan Dolar Hancur
A A A
WASHINGTON - Pentagon mengumumkan bahwa koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS) menjatuhkan bom yang mengenai kas keuangan kelompok ISIS di Mosul, Irak. Akibat pengeboman itu, uang tunai jutaan dolar untuk menggaji para militan ISIS, hancur.

Sebagian besar situs kas itu digunakan oleh (ISIS) untuk mendistribusikan uang guna mendanai kegiatan teroris,” kata juru bicara militer AS, Letnan Ben Tisdale, dalam sebuah pernyataan, Selasa (12/1/2016).


Kami memperkirakan jutaan dolar (yang dihasilkan) dari semua barang-barang terlarang mereka; minyak, penjarahan dan pemerasan,” ujar Tisdale.
Seorang pejabat Pentagon yang berbicara dalam kondisi anonim, mengatakan bahwa koalisi yang dipimpin AS menggunakan dua bom seberat 900 kilogram untuk menghancurkan fasilitas keuangan ISIS.

Pengeboman itu berlangsung Senin pagi dengan target kas-kas ISIS berisi uang tunai. Menurut laporan CNN, dalam serangan tersebut sekitar lima hingga tujuh warga sipil diperkirakan tewas.

Media AS itu melansir data puluhan warga sipil tewas selama operasi militer koalisi AS. Namun, koalisi memilih operasi dilakukan saat fajar dengan alasan untuk meminimalkan korban sipil.


Selain menjual minyak curian, barang antik dan uang tebusan dari keluarga sandera, Kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) dilaporkan menghasilkan banyak uang dari “zakat”. Uang “zakat” itu diambil dari setiap warga Muslim dan militan yang berperang. Pendapatan yang dihasilkan dari zakat” juga tak kalah besar dari hasil penjualan minyak curian.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6298 seconds (0.1#10.140)