Ahli Ragukan Klaim Korut Soal Bom Hidrogen

Minggu, 10 Januari 2016 - 22:39 WIB
Ahli Ragukan Klaim Korut...
Ahli Ragukan Klaim Korut Soal Bom Hidrogen
A A A
WINA - Para ahli dari Comprehensive Nuclear-Test-Ban Treaty Organization (CTBTO) meragukan klaim Korea Utara (Korut) soal kepemilikan bom hidrogen. Saat ini CTBTO sedang melakukan penelitian seismik di sekitar lokasi yang diduga menjadi tempat uji coba CTBTO.

"Stasiun pemantauan CTBTO mengambil sebuah "peristiwa seismik biasa" di daerah situs uji coba nuklir Korut dan ahli kami saat sedang melakukan tes untuk menentukan sifat ledakan," kata Sekretaris Eksekutif CTBTO, Lassina Zerbo.

"Ledakan itu tidak cukup kuat untuk menyebutnya sebagai sebuah bom hidrogen, tetapi hipotesis bahwa fisi itu diolah oleh isotop hidrogen adalah sesuatu yang masuk akal," sambungnya, seperti dilansir Sputnik pada Minggu (10/1).

Seperti diketahui, pekan lalu Korut dilaporkan telah melakukan uji coba bom hirogen, yang menyebabkan gempa sebesar 5,1 skala richter. Uji coba ini dibenarkan oleh pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, dan memastikan bahwa uji coba ini bukanlah yang terakhir.

Jong-un telah menegaskan bahwa uji coba bom hidrogen tersebut adalah langkah pertahanan diri terhadap ancaman perang nuklir yang dilakukan oleh AS.

"Uji coba H-Bom Korut merupakan langkah pertahanan diri yang andal untuk membela perdamaian di Semenanjung Korea dan keamanan regional dari bahaya perang nuklir yang disebabkan oleh imperialis yang dipimpin oleh AS," kata Jong-un
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9517 seconds (0.1#10.140)