Kartun Satire Khamenei Samakan Saudi dengan ISIS

Senin, 04 Januari 2016 - 15:06 WIB
Kartun Satire Khamenei Samakan Saudi dengan ISIS
Kartun Satire Khamenei Samakan Saudi dengan ISIS
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei, merilis kartun satire untuk menyamakan Arab Saudi dengan ISIS. Kartun itu dirilis setelah Saudi mengeksekusi ulama Syiah, Nimr al-Nimr.


Kartun satire itu menampilkan algojo Arab Saudi dan algojo ISIS yang dijadikan satu tubuh. Gambar tubuh bagian kanan algojo itu mengenakan pakaian putih memegang pedang untuk memancung terpidana mati. Sedangkan bagian tubuh sebelah kiri bepakaian hitam memegang pisau belati untuk memenggal sandera yang mengenakan jumpsuit oranye.

"Adakah perbedaan?” demikian keterangan tertulis dalam kartun satire yang diterbitkan di website resmi Khamenei, untuk menyamakan algojo Saudi dengan algojo kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS).

Sheikh Nimr niscaya akan menerima karunia Tuhan dan tangan pembalasan Tuhan pasti akan merenggut orang-orang kejam,” kata Khamenei.
Nimr berada di antara puluhan orang yang dieksekusi di Arab Saudi pada hari Sabtu pekan lalu. Dia dituduh menghasut kerusuhan dan terlibat aksi terorisme. Eksekusi itu telah memicu kemarahan di Iran, di mana Kedutaan Besar Saudi di Teheran dan Konsulat Saudi di Mashhad diserang massa.

”Cendekiawan tertindas ini tidak mengundang orang untuk melakukan gerakan bersenjata, juga tidak terlibat dalam rencana aksi rahasia,” kata Khamenei. ”Kemartiran Sheikh Nimr dan pertumpahan darah yang tidak adil adalah kesalahan politik dengan Arab Saudi. Mereka benar-benar khawatir tentang nasib manusia yang harus menonton kejahatan Saudi,” lanjut Khamenei, seperti dikutip Reuters.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6876 seconds (0.1#10.140)