Dukung FSA, Jet-jet Tempur Rusia Luncurkan 40 Serangan Sehari

Senin, 14 Desember 2015 - 17:43 WIB
Dukung FSA, Jet-jet Tempur Rusia Luncurkan 40 Serangan Sehari
Dukung FSA, Jet-jet Tempur Rusia Luncurkan 40 Serangan Sehari
A A A
MOSKOW - Kelompok pesawat jet tempur Rusia di Suriah meluncurkan 30-40 serangan setiap hari untuk mendukung Tentara Suriah Bebas (FSA) melawan kelompok teror di negara itu. Hal itu disampaikan Kepala Staf Umum Angkatan Bersenjata Rusia, Jenderal Valery Gerasimov, Senin (14/12/2015).

FSA adalah kelompok pemberontak moderat Suriah yang selama ini didukung Barat untuk menggulingkan rezim Presiden Suriah Bashar Al-Assad. Namun, dalam perkembangan konflik di Suriah, kelompok-kelompok teror seperti ISIS justru mendompleng perjuangan FSA.

Menurut Gerasimov, unit FSA dengan kekuatan lebih dari 5.000 tentara melakukan serangan bersama pasukan Pemerintah Suriah terhadap kelompok teror di Provinsi Homs, Hama, Aleppo dan Raqqa.

Jumlah (pasukan) unit FSA tersebut meningkat. Penerbangan (tempur) Rusia melakukan 30-40 serangan udara setiap hari untuk mendukung mereka. Kami juga menyediakan mereka dengan senjata, amunisi dan peralatan,” ujar Jenderal Gerasimov.

Dengan demikian, Rusia membantu FSA dan pasukan Pemerintah (Suriah) yang bergabung dalam upaya untuk mengalahkan teroris,” lanjut Gerasimov, seperti dikutip Russia Today.


Sebelumnya, Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan bahwa serangan militer Rusia mendukung dua kubu, baik pasukan FSA maupun pasukan Pemerintah Suriah. Putin mengklaim, misi militer Rusia di Suriah tidak termotivasi geopolitik di negara itu, tapi semata-mata untuk memerangi kelompok teroris yang sudah mengancam Rusia.

Namun, Pemerintah Amerika Serikat (AS) yang sudah lama mendukung FSA meragukan klaim Putin itu. Alasannya, sasaran serangan Rusia tidak banyak menyerang kelompok teror.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6554 seconds (0.1#10.140)