Turki Rilis Rekaman Peringatan untuk Jet Rusia

Kamis, 26 November 2015 - 16:51 WIB
Turki Rilis Rekaman...
Turki Rilis Rekaman Peringatan untuk Jet Rusia
A A A
ANKARA - Pihak militer Turki merilis rekaman audio dari peringatan yang mereka tujukan kepada jet tempur Rusia sebelum pesawat itu ditembak jatuh di dekat perabatasan Suriah.

Dalam rekaman yang dirilis oleh pihak Turki terdengar pilot pesawat tempur Turki mengatakan: "Ubah arah terbang kalian", seperti dikutip dari laman The Guardian, Kamis (26/11/2015).

Pihak militer Turki menyatakan telah mengundang militer Rusia untuk datang ke markas mereka dan akan memberikan penjelasan mengapa pesawat Rusia ditembak jatuh. Turki mengatakan bahwa tindakan itu diambil sesuai dengan aturan yang berlaku setelah pesawat jet Rusia tidak menanggapi peringatan.

Selain itu, Angkatan Bersenjata Turki juga mengatakan telah melakukan serangkaian upaya untuk menemukan dan menyelamatkan pilot pesawat Rusia. Mereka juga telah menghubungi pihak militer Rusia di Moskow dan menyatakan kesiapannya untuk melakukan semua jenis kerjasama dengan Moskow.

Sebelumnya, pilot Rusia yang berhasil selamat dalam insiden itu mengatakan dirinya tidak menerima peringatan dari Turki. "Tidak ada peringatan, baik oleh audio atau visual. Tidak ada kontak apa pun," kata Konstantin Murakhtin, navigator pilot Su-24 yang ditembak jatuh oleh Turki. (Baca juga: Pilot Rusia Bantah Turki Beri Peringatan)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9953 seconds (0.1#10.140)