Indonesia Ajukan Permohonan Bebas Visa SChengen bagi WNI

Kamis, 05 November 2015 - 23:01 WIB
Indonesia Ajukan Permohonan Bebas Visa SChengen bagi WNI
Indonesia Ajukan Permohonan Bebas Visa SChengen bagi WNI
A A A
LUXEMBURG - Di sela-sela pertemuan Menteri Luar Negeri Asia-Europa Meeting (ASEM), Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dilaporkan melakukan pertemuan bilateral dengan High Representative for Foreign Affairs of the European Union (HRVP), Federica Mogherini.

Menurut keterangan Kementerian Luar Negeri Indonesia yang diterima Sindonews pada Kamis (5/11), dalam pertemuan itu salah satu fokus utamanya adakah membahas proses awal yang sedang dilakukan Uni Eropa dalam rangka menanggapi usulan Indonesia mengenai pembebasan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI) untuk melakukan kunjungan singkat ke negara-negara Schengen.

Menurut Retno, Indonesia memang tengah berupaya mendapatkan aplikasi bebas visa, bukan hanya bagi pemegang paspor diplomatik atau dinas, tapi juga pemegang paspor hijau. “Upaya Pemerintah Indonesia selama ini terus dilakukan, baik melalui masing-masing Negara Eropa maupun melalui Komisi Eropa,” ucap Retno.

Saat ini, Komisi Eropa sudah memasukkan Indonesia dalam daftar Negara yang diusulkan untuk dikaji oleh Dewan Eropa. Usulan ini diperkirakan akan disampaikan ke Dewan Eropa pada awal 2016. Dewan Eropa kemudian akan meminta tiga badan utama terkait pembebasan visa Schengen, yakni Frontex, Europol dan EASO untuk mengkaji permintaan Indonesia.

Apabila hasil kajian positif, maka Dewan dan Komisi Eropa akan mengusulkan Rancangan Regulasi Perubahan status Indonesia untuk mendapatkan bebas visa Schengen.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7766 seconds (0.1#10.140)