Mesir Bantah Bom Jadi Penyebab Jatuhnya Pesawat Rusia

Kamis, 05 November 2015 - 19:39 WIB
Mesir Bantah Bom Jadi Penyebab Jatuhnya Pesawat Rusia
Mesir Bantah Bom Jadi Penyebab Jatuhnya Pesawat Rusia
A A A
KAIRO - Menteri Penerbangan Sipil Mesir, Hossam Kamal mengatakan, tim investigasi telah mengumpulkan sejumlah bukti terkait jatuhnya pesawat penumpang, Metrojet, milik maskapai penerbangan asal Rusia, Kogalymavia. Pesawat nahas tersebut jatuh di Semenanjung Sinai, sesaat setelah lepas landas pada Sabtu (31/10/2015) lalu.

Sejauh ini, tim investigasi belum menemukan adanya bukti yang menunjukkan jika pesawat yang membawa 217 penumpang dan 7 kru itu meledak di udara akibat bom yang ditanam di tubuh pesawat.

"Tim investigasi belum menemukan adanya bukti atau data yang menegaskan hipotesis (pesawat meledak karena bom) ini," kata Kamal dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari laman Reuters, Kamis (5/11/2015). Ia juga menambahkan, Mesir telah mematuhi standar keamanan dan keselamatan internasional di seluruh bandara Sharm al-Sheik, tempat pesawat Metrojet 9268 lepas landas.

Sebelumnya, analisis intelijen Amerika Serikat (AS) menyatakan, pesawat penumpang pembawa 224 orang itu jatuh diduga karena bom yang ditanam ISIS atau kelompok afiliasinya.

Analisis yang sama juga diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Inggris, Philip Hammond, yang percaya pesawat Metrojet itu kemungkinan besar mengalami kecelakaan karena bahan peledak. (Baca juga: Intelijen AS Duga Bom ISIS yang Jatuhkan Metrojet Rusia)
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6988 seconds (0.1#10.140)