4 Negara Sekutu Mesir dengan Militer Terkuat

Senin, 01 April 2024 - 22:22 WIB
loading...
4 Negara Sekutu Mesir dengan Militer Terkuat
Mesir memiliki banyak sekutu dengan kekuatan militer terkuat. Foto/Reuters
A A A
KAIRO - Mesir memiliki banyak sekutu, terutama di negara-negara Timur Tengah dan Afrika. Namun, hanya ada sedikit negara sekutu Mesir yang memiliki kekuatan militer yang disegani.

Sekutu Mesir umumnya bukan hanya mengandalkan bantuan militer dan kerja sama semata. Tetapi, Kairo juga mengandalkan dukungan finansial dan geopolitik dari para mitra sekutunya.

4 Negara Sekutu Mesir dengan Militer Terkuat

1. Arab Saudi

4 Negara Sekutu Mesir dengan Militer Terkuat

Foto/Reuters

Melansir lembaga riset Jerman, Stiftung Wissenschaft und Politik, menyusul pergantian penguasa di Riyadh pada awal tahun 2015, pandangan kepemimpinan Saudi terhadap Mesir agak berubah. Raja Salman yang baru dan putranya, Putra Mahkota saat ini Muhammad Bin Salman, memilih untuk tidak melanjutkan bantuan keuangan tanpa syarat yang telah diberikan kepada Kairo setelah pengambilalihan militer pada tahun 2013.

Sementara itu, pada bulan Juli 2015, kedua negara menandatangani Perjanjian Kairo. Deklarasi tersebut, di mana mereka sepakat untuk membentuk kemitraan ekonomi dan keamanan yang lebih kuat, dengan cepat menjadi jelas bahwa Riyadh menuntut sesuatu sebagai imbalan atas bantuan baru.

Pada kesempatan kunjungan kenegaraan raja Saudi pada bulan April 2016, pemerintahan Sisi mengumumkan bahwa mereka akan mentransfer dua pulau di Laut Merah – Sanafir dan Tiran – ke Kerajaan. Arab Saudi telah mengklaim wilayah-wilayah ini, yang selalu dilihat dan dikendalikan oleh Mesir sebagai wilayah nasionalnya sendiri. Keputusan tersebut menimbulkan kebencian yang besar di kalangan penduduk Mesir.

Memang benar, ada semakin banyak kritik dari pihak Saudi dalam beberapa tahun terakhir mengenai defisit pembangunan Mesir. Pada saat yang sama, jurnalis yang dekat dengan keluarga kerajaan mengkritik peran militer Mesir dalam perekonomian. Pada awal tahun 2023, para komentator Saudi dan Mesir yang memiliki hubungan dekat dengan kepemimpinan politik masing-masing saling bertukar serangan verbal. Dan itu tidak berhenti pada pertukaran seperti itu.

Sebelumnya, pada tahun 2022, Kerajaan Arab Saudi telah mentransfer USD5 miliar ke Kairo dalam bentuk deposito bank sentral dan dengan demikian pada awalnya mendukung pengenalan program bantuan Dana Moneter Internasional (IMF) yang baru untuk Mesir. Namun sejauh ini, janji investasi lebih lanjut senilai US$10 miliar, yang digambarkan oleh IMF sebagai hal yang “penting” untuk strategi pendanaan program tersebut, hanya dipenuhi dalam jumlah kecil.

2. Uni Emirat Arab

4 Negara Sekutu Mesir dengan Militer Terkuat

Foto/Reuters

Sejauh menyangkut perpanjangan pinjaman, UEA lebih penting bagi Mesir selama dua tahun terakhir dibandingkan Arab Saudi. Menurut statistik bank sentral Mesir, Abu Dhabi kini memiliki sekitar 9 persen utang luar negeri dan Riyadh 7 persen. Dalam hal investasi langsung, Emirates juga menempati urutan pertama.

Meskipun Arab Saudi secara terbuka mengkritik kebijakan ekonomi pemerintah Mesir dalam beberapa tahun terakhir, kritik yang sama belum terdengar dari UEA. Namun demikian, Uni Emirat Arab juga semakin merasa tidak puas dengan kebijakan ekonomi yang diambil oleh Kairo dan tampaknya melakukan upaya di belakang layar agar IMF mengambil sikap yang lebih keras.

Selain itu, konflik regional terkait penggunaan air Sungai Nil semakin memberikan ketegangan pada hubungan Mesir-UEA. Sejak tahun 2011, Ethiopia terus melanjutkan proyek pembangunan bendungan besar di hulu Sungai Nil, yang dianggap Mesir membahayakan pasokan airnya. UEA, yang mengupayakan netralitas dalam sengketa perairan ini, belum mengambil posisi Mesir. Sebaliknya, yang membuat Kairo kesal karena mereka justru mendukung pemerintah Ethiopia dengan pendanaan yang besar bantuan sosial dan bahkan memasoknya dengan drone tempur selama perang saudara di Tigray.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1153 seconds (0.1#10.140)