AS: Tidak Ada Indikasi Mesir Menyediakan Persenjataan ke Rusia

Rabu, 12 April 2023 - 21:05 WIB
loading...
AS: Tidak Ada Indikasi Mesir Menyediakan Persenjataan ke Rusia
AS: Tidak Ada Indikasi Mesir Menyediakan Persenjataan ke Rusia. FOTO/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mengatakan, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa Mesir memasok Rusia dengan senjata mematikan. Pernyataan ini dikeluarkan setelah dokumen Pentagon yang bocor mengklaim Kairo diam-diam berencana untuk memasok roket ke Moskow.

Presiden Mesir Abdel Fatah El-Sisi berencana untuk memproduksi 40.000 roket untuk Rusia, menurut Washington Post, yang mengutip sebagian dari dokumen rahasia tertanggal 17 Februari.



Sisi dilaporkan mengarahkan para pejabat untuk merahasiakan produksi dan pengiriman untuk mencegah masalah dengan bangsa Barat.

"Kami tidak melihat indikasi bahwa Mesir menyediakan persenjataan dan kemampuan mematikan ke Rusia," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional John Kirby, seperti dikutip dari Anadolu Agency, Rabu (12/4/2023).

Kirby mengatakan, pemerintahan Biden ingin mendapatkan jawaban secepat mungkin untuk mengidentifikasi di mana pelanggaran itu terjadi.

Sebelumnya, Pentagon mengatakan bahwa pihaknya sedang menyelidiki pengungkapan dokumen yang tidak sah, yang membawa segel Kepala Staf Gabungan AS dan diduga milik AS dan NATO. Mereka dibagikan di media sosial, termasuk Twitter dan Telegram.



Departemen Kehakiman secara terpisah membuka penyelidikan kriminal atas kebocoran tersebut. Kebocoran ini telah menimbulkan kegemparan di dunia internasional.

Pemerintahan Biden telah berulang kali menolak untuk mempertimbangkan keasliannya tetapi mereka memasukkan informasi tentang jalannya perang di Ukraina, bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh berbagai negara dan kalender pengiriman bantuan ke pasukan Kiev.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1902 seconds (0.1#10.140)