China Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan AU Iran

Senin, 02 November 2015 - 22:40 WIB
China Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan AU Iran
China Ingin Tingkatkan Kerjasama dengan AU Iran
A A A
BEIJING - China mengaku ingin meningkatkan kerjasama dengan Angkatan Udara Iran. Demikian diungkapkan Kepala Staf Angkatan Udara China, Ma Xiaotian saat bertemu dengan sejawatnya dari Iran, Hassan Shah Safi, di Beijing, Senin (2/11).

Safi melakukan lawatan ke Beijing atas undangan Xiaotian. Setibanya di Beijing, Safi disambut oleh pejabat tinggi dari Tentara Angkatan Udara China dan perwakilan Kedutaan Besar Iran. Safi akan melakukan lawatan selama 4 hari di China.

Ini adalah pertemuan tingkat tinggi terbaru yang dilakukan pejabat militer kedua negara. Menurut Xiaotian, saat ini hubungan antara Angkatan Udara kedua negara telah berjalan dengan lancar. “Kini, kami berharap kerjasama bisa naik ke tingkatan lain,” ujarnya, seperti dikutip dari Reuters.

Kerjasama militer kedua negara memang kian mesra. Bulan lalu, seorang pejabat Angkatan Laut China mengunjungi Teheran. Tahun lalu, untuk pertama kalinya dua kapal perang China merapat di Pelabuhan Bandar Abbas, Iran untuk mengambil bagian dalam latihan gabungan Angkatan Laut.

Selama ini, China dan Iran memiliki kedekatan di bidang diplomatik, ekonomi, perdagangan dan energi. China telah secara aktif mendorong Amerika Serikat dan Iran untuk mencapai kesepakatan tentang program nuklir Iran yang dianggap kontroversial oleh Barat.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5853 seconds (0.1#10.140)