Kecewa, 700 Warga Kenya Tinggalkan Al-Shabaab

Kamis, 22 Oktober 2015 - 22:26 WIB
Kecewa, 700 Warga Kenya...
Kecewa, 700 Warga Kenya Tinggalkan Al-Shabaab
A A A
NAIROBI - Sebuah laporan dari organisasi internasional menyatakan, sedikitnya 700 warga Kenya secara diam-diam telah kembali ke rumah dan berhenti menjadi anggota kelompok militan Al-Shabaab, seperti dikutip dari laman Zegabi, Kamis (22/10/2015).

Menurut laporan tersebut, mereka mengundurkan diri untuk mendapatkan pengampunan yang telah dijanjikan oleh pemerintah Kenya. Selain itu, ratusan warga Kenya itu juga merasa kecewa karena tidak mendapatkan apa yang telah dijanjikan kepada mereka jika bergabung dengan kelompok-kelompok militan tersebut.

Menurut laporan yang dirilis oleh Organisasi Migrasi Internasional, banyak dari mereka yang kembali berusia diantara 24-34 tahun dengan membawa luka serius yang didapatkan dari medan perang. Beberapa bahkan kembali dengan kaki yang telah diamputasi, serta luka di kepala dan bagian lain dari tubuh mereka. Sejumlah ahli menilai, kelompok teroris menggunakan mereka untuk misi tempur yang berbaya dan berat.

Kembalinya 700 warga Kenya itu memberikan tantangan dan peluang. "Di satu sisi mereka memberikan kesempatan untuk melawan ideologi radikal dan strategi perekrutan kelompok bersenjata, karena mereka telah memilih untuk menarik diri dan kembali ke rumah," begitu bunyi laporan tersebut.

Namun di sisi lain, biar bagaimanapun ada kemungkinan bahwa mereka tidak dapat berasimilasi dan mendapatkan pekerjaan. Sejumlah kritikus bahkan menilai mereka bisa melakukan aksi teroris di negara ini.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0915 seconds (0.1#10.140)