Kekerasan Terus Berlangsung, Menlu AS Telepon Abbas

Jum'at, 16 Oktober 2015 - 21:37 WIB
Kekerasan Terus Berlangsung,...
Kekerasan Terus Berlangsung, Menlu AS Telepon Abbas
A A A
RAMALLAH - Juru bicara Presiden Palestina mengatakan, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), John Kerry, telah menelepon Presiden Mahmoud Abbas untuk membahas meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Ini adalah untuk kedua kalinya keduanya melakukan pembicaraan lewat telepon.

Menurut jubir Kepresidenan Palestina, Nabil Abu Rdeineh, keduanya terlibat pembahasan mengenai ketegangan yang tengah terjadi saat ini dan upaya untuk menghentikannya, dimana Kerry menekankan peran AS dalam hal tersebut.

Kepada Kerry, kata Rdeineh, Abbas mengatakan akan mengunjungi wilayah konflik tersebut. "Abbas juga menekankan perlunya bagi AS untuk melakukan upaya untuk meminta Israel menghentikan pembangunan pemukiman, aksi provokasi di kompleks dan jalan-jalan di Masjid Al-Aqsa," kata Rdeineh seperti dikutip dari laman Xinhua, Jumat (16/10/2015).

Menurut Kementerian Kesehatan Palestina, sebanyak 33 warga Palestina telah tewas sejak terjadinya ketegangan antara Palestina dengan Israel awal bulan Oktober ini. Dari angka itu, 22 orang tewas di Tepi Barat dan Yerusalem, 11 di Jalur Gaza.

Sedangkan di pihak Israel, sebanyak tujuh orang tewas dan 92 orang lainnya mengalami luka-luka, dimana 10 diantaranya dilaporkan kritis.

Aksi kekerasan meletus pertama kali pada bulan September lalu di kompleks Masjid Al-Aqsa. Palestina mengatakan, Israel berniat mengubah dan membagi kompleks Masji Al-Aqsa agar memungkinkan warga Yahudi untuk berdoa. Sontak saja hal ini ditentang oleh warga Palestina karena bertentangan dengan aturan status quo atas daerah itu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)