Rusia dan Estonia Lakukan Pertukaran Tahanan

Minggu, 27 September 2015 - 13:55 WIB
Rusia dan Estonia Lakukan...
Rusia dan Estonia Lakukan Pertukaran Tahanan
A A A
MOSKOW - Rusia dan Estonia melakukan pertukaran mata-mata yang ditahan oleh masing-masing pihak. Pertukaran dilakukan di atas sebuah jembatan yang memisahkan kedua negara. Rusia membebaskan seorang anggota keamanan Estonia, Eston Kohver. Sedangkan Estonia menyerahkan Aleksei Dressen.

Seperti dikutip dari laman BBC, Minggu (27/9/2015), baik Kohver maupun Dressen telah dijatuhi hukuman di kedua negara. Dressen telah dipenjara di Estonia sejak tahun 2012 atas tuduhan melakukan aksi spionase untuk Moskow.

Dressen adalah mantan perwira polisi keamanan Estonia yang dinyatakan bersalah menyerahkan dokumen rahasia kepada Rusia pasca negara itu menyatakan kemerdekaannya pada tahun 1991. Ia ditangkap pada tahun 2012 bersama dengan istrinya, Victoria Dressen yang dijatuhi hukuman percobaan.

Sedangkan Kohver dijatuhi hukuman penjara 15 tahun oleh pengadilan Rusia pada bulan lalu. Kasus penangkapan Kohver memantik pertikaian diplomatik di kedua negara. Estonia dan Uni Eropa menyatakan jika Kohver ditangkap di wilayah Estonia, namun hal itu dibantah oleh Rusia.

"Saya senang bisa kembali ke rumah dan berterima kasih kepada semua otoritas yang membantu saya kembali ke Estonia,"kata Kohver.

Menurut Dinas Keamanan Federal Rusia, pertukaran itu berlangsung di sebuah jembatan di atas Sungai Piusa yang memisahkan wilayah Pskov barat Rusia dan Polva County, Estonia. Sedangkan Kepala Dinas Keamanan Internal Estonia, Arnold Sinisalu mengatakan bahwa proses pertukaran itu terjadi setelah negosiasi yang panjang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)