Estonia: Rusia Mungkin Kehabisan Rudal dalam Tiga Bulan

Sabtu, 28 Januari 2023 - 21:29 WIB
loading...
Estonia: Rusia Mungkin Kehabisan Rudal dalam Tiga Bulan
Estonia sebut Rusia kemungkinan akan kehabisan rudal dalam tiga bulan. Foto/Ilustrasi/Sindonews
A A A
TALLIN - Rusia mungkin tidak memiliki cukup rudal untuk terus melakukan serangan besar-besaran terhadap Ukraina selama lebih dari tiga bulan. Hal itu diungkapkan seorang pejabat intelijen Estonia setelah serangan terbaru Rusia terhadap tetangganya di Eropa timur.

Kepala Intelijen Estonia Margo Grosberg mengatakan bahwa berdasarkan kemampuan Rusia saat ini untuk memproduksi amunisi yang dipandu dengan presisi, Moskow dapat terus melakukan serangan rudal terhadap Ukraina selama tiga hingga empat bulan lagi seperti dilaporkan stasiun radio Estonia, ERR, pada hari Jumat. Tapi ini adalah prospek "paling optimis" untuk berapa lama serangan bisa berlanjut.

"Prospek yang lebih pesimistis adalah bahwa Rusia berpotensi melanjutkan serangan selama enam hingga sembilan bulan lagi," kata Grosberg seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (28/1/2023).

Menurut Grosberg, berapa lama serangan pada akhirnya akan berlangsung tergantung pada berapa banyak amunisi berpemandu presisi yang dimiliki Rusia sebelum dimulainya perang pada Februari 2022 — diperkirakan sekitar 2.500 rudal — dan produksi rudal yang berkelanjutan.



Newsweek tidak dapat memverifikasi intelijen secara independen dan menghubungi Kementerian Pertahanan Rusia untuk konfirmasi dan komentar.

Grosberg bukan satu-satunya pejabat yang memperkirakan akhir serangan Rusia karena pasokan rudal. Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional Ukraina Oleksiy Danilov kepada outlet berita Ukraina Pravda bulan lalu juga mengatakan bahwa Rusia hanya memiliki cukup rudal untuk melakukan tiga hingga empat serangan lagi.

Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov juga mengatakan dalam sebuah postingan di Twitter pada awal bulan ini bahwa pasukan Rusia hanya memiliki 90 drone buatan Iran, yang telah digunakan untuk menyerang Ukraina, yang tersisa.

Kementerian Pertahanan Rusia pada akhir Desember berjanji bahwa mereka "tidak akan pernah" kehabisan Kalibr, sejenis rudal jelajah Rusia.

Sejak Oktober 2022, Rusia telah melakukan gelombang serangan terhadap Ukraina, menargetkan wilayah sipil dan infrastruktur penting seperti fasilitas energi. Serangan dimulai setelah Jembatan Selat Kerch, yang menghubungkan Rusia ke semenanjung Crimea yang diduduki dan juga merupakan jalur pasokan utama bagi pasukan Putin, dihantam ledakan pada Oktober.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)