Ingin Gabung ISIS, Mantan Staf AU Inggris Ditangkap

Rabu, 23 September 2015 - 17:07 WIB
Ingin Gabung ISIS, Mantan Staf AU Inggris Ditangkap
Ingin Gabung ISIS, Mantan Staf AU Inggris Ditangkap
A A A
LONDON - Seorang mantan staf darat di Angkatan Udara Inggris (RAF) harus berurusan dengan pihak pengadilan setelah mengaku mencoba melakukan perjalanan ke Suriah untuk bergabung dengan ISIS.

Stephen Gray (31), yang berasal dari Old Trafford, Manchester, telah dua kali berusaha agar dirinya bisa melakukan perjalanan ke Suriah pada musim panas lalu dan berencana bergabung dengan ISIS. Dia pun mengaku bersalah atas tiga tuduhan sesuai dengan pasal yang termaktub dalam Undang-undang Terorisme Inggris, seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (23/9/2015).

Gray, yang telah memeluk Islam dan berganti nama menjadi Mustafa, tercatat pernah menjabat sebagai aircraftman senior di skuadron No. 2 Resimen RAF. Ia bertugas memberikan dukungan persenjataan di darat untuk operasi yang dilakukan oleh RAF.

Ia pernah ditempatkan di Baghdad selama perang Irak pada tahun 2004. Namun ia kemudian merasa kecewa dan meninggalkan RAF sebelum masuk Islam dan beralih profesi sebagai tukang batu.

Gray mengaku bersalah atas tuduhan mempersiapkan aksi terorisme terkait dengan perjalanannya ke Suriah dan perjalanan salah seorang pria ke lokasi yang sama atas nama Raymond Matimba. Ia juga mengaku bersalah dengan tuduhan pendanaan terorisme.

Hakim pengadilan Inggris saat ini tengah menunda persidangan terhadap Grey hingga tanggal yang belum ditentukan. Hakim menunda sidang yang tengah mempersiapkan rapat dengar pendapat para juri untuk mendapatkan rincian permohonan Gray untuk dilaporkan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5087 seconds (0.1#10.140)
pixels