Kecewa, 58 Anggota ISIS Membelot

Selasa, 22 September 2015 - 21:19 WIB
Kecewa, 58 Anggota ISIS Membelot
Kecewa, 58 Anggota ISIS Membelot
A A A
LONDON - Sebuah lembaga yang berbasis di London, Inggris, menyatakan, banyak dari anggota ISIS yang merasa kecewa dengan kelompok bentukan Abu Bakr al-Baghdadi itu. Mereka pun memilih untuk membelot dan menyatakan keluar dari kelompok tersebut.

Pusat Internasional untuk Studia Radikalisasi dan Politik Kekerasan (ISCR) di King College, London, dalam laporannya menyatakan setidaknya 58 orang telah meninggalkan kelompok ekstrimis itu sejak Januari 2014.

Sedangkan dalam tiga bulan terakhir, Juni hingga Agustus, 17 orang telah membelot dari kelompok tersebut.

Dalam pengakuannya, eks anggota ISIS mengaku tidak puas dengan kebijakan kelompok tersebut yang mengharuskan mereka membunuh sesama muslim Sunni, termasuk warga sipil yang tidak bersalah.

Alasan lain adalah kegagalan kelompok tersebut dalam menghadapi Presiden Bashar al-Assad. "Suara para pembelot itu sangat kuat dan jelas. ISIS tidak melindungi umat Islam. ISIS membunuh mereka," bunyi laporan itu seperti dikutuip dari AFP, Selasa (22/9/2015).

Selain itu, para pembelot juga berpendapat bahwa pertempuran yang dilakukan oleh kelompok muslim Sunni lain juga salah dan kontraproduktif serta menyalahi hukum agama. Menurut mereka, jihad yang dilakukan di Suriah dan Irak bukanlah jihad yang sesungguhnya.

ISCR menilai, terlepas dari kesalahan yang telah dilakukan oleh bekas anggota ISIS ini, keberadaan mereka bisa digunakan oleh pemerintah asal mereka untuk mencegah orang lain untuk bergabung. Untuk dikatahui, para pembelot ini berasal dari 17 negara dimana sembilan dari mereka berasal dari Eropa Barat dan Australia.

Laporan tersebut juga menyatakan, masih banyak anggota ISIS yang ingin meninggalkan kelompok tersebut, namun mereka tidak bisa melarikan diri dari kelompok ekstrimis itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4985 seconds (0.1#10.140)