DK PBB Kutuk Kudeta di Burkina Faso

Sabtu, 19 September 2015 - 20:42 WIB
DK PBB Kutuk Kudeta di Burkina Faso
DK PBB Kutuk Kudeta di Burkina Faso
A A A
NEW YORK - Dewan Keamanan (DK) PBB mengutuk aksi kudeta yang dilakukan oleh pengawal presiden terhadap otoritas transisi Burkina Faso. Pernyataan itu dikeluarkan setelah DK PBB melakukan pertemuan dengan Wakil Jenderal untuk Urusan Politik, Jeffrey Feltman.

"Mereka (anggota DK PBB) menegaskan tuntutan mereka, bahwa Presiden Michael Kafando dan Perdana Menteri Isaac Zida dari Burkina Faso, serta pejabat lainnya yang ditahan untuk dilepaskan dengan aman dan sesegera mungkin," bunyi pernyataan itu seperti dikutip dari Xinhua, Sabtu (19/9/2015).

DK PBB juga mendesak agar semua pihak mematuhi program pemerintah transisi terutama terkait penyelenggaraan pemilu yang kredibel, bebas, dan adil yang dijadwalkan pada 11 Oktober mendatang. DK PBB juga mendesak semua pihak untuk menahan diri dan tidak melakukan kekerasan.

DK PBB juga meminta pelaku kudeta untuk bertanggung jawab dan akan memonitor situasi yang berlangsung di negara tersebut. Unit penjaga presiden Burkina Faso, bekas tim keamanan untuk mantan Presiden Blaise Compaore, menyatakan pada hari Kamis telah mengambil alih kekuasaan di negara itu.

Sebelumnya, mereka menghentikan rapat kabinet dan menangkap presiden sementara, perdana menteri dan pemimpin lainnya. Belakangan, pihak militer telah membebaskan Presiden dan Perdana Menterinya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5133 seconds (0.1#10.140)