Saudi Siap Lawan Teroris Pengganggu Ibadah Haji

Sabtu, 19 September 2015 - 09:26 WIB
Saudi Siap Lawan Teroris Pengganggu Ibadah Haji
Saudi Siap Lawan Teroris Pengganggu Ibadah Haji
A A A
RIYADH - Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Pangeran Mohamed bin Nayef, mengatakan bahwa kerajaan siap melawan teroris yang menganggu pelaksanaan ibadah haji. Menurutnya, Raja Saudi, Salman bin Abdulaziz telah membuat prioritas utama untuk memastikan musim haji tahun ini aman dan sukses.

“Kerajaan siap mencegah eksploitasi musim haji karena alasan politik atau propaganda,” kata Pangeran Mohamed yang menjadi Ketua Komite Haji tersebut.

”Kerajaan Arab Saudi menindak aksi teroris selama beberapa tahun terakhir dalam rangka melestarikan kesucian agama kita dan tempat-tempat suci, serta kehidupan orang-orang yang tidak bersalah,” lanjut dia, seperti dikutip Al Arabiya, semalam.

“Layanan keamanan di berbagai sektor sepenuhnya siap untuk menghadapi setiap tindakan yang mungkin membahayakan situs (suci) dan para peziarah dan bahwa kerajaan secara ketat di melarang siapa pun yang mengeksploitasi musim (haji) yang hebat ini untuk tujuan politik atau propaganda,” imbuh Pangeran Mohammed.

Seperti musim haji sebelumnya, pihak berwenang Saudi telah berusaha untuk memperluas dan fasilitas yang ada saat ini menjadi lebih baik dan memastikan penyediaan semua layanan yang diperlukan para jemaah untuk menjalankan ibadah hajinya.

Otoritas Saudi menegaskan, rencana untuk memperluas Masjidilharam adalah untuk meningkatkan kapasitasnya sehingga bisa menampung lebih banyak jemaah haji yang setiap tahunnya terus bertambah.

Berkenaan dengan tragedi robohnya alat berar derek atau crane yang menimpa Masjidilharam di Mekkah dan menewaskan 107 orang, Pangeran Mohammed mengatakan bahwa, insiden itu telah ditangani di bawah bimbingan langsung Raja Salman.

”Kejadian ini tidak akan mempengaruhi program haji yang disiapkan oleh para pemangku kepentingan, yang memperhitungkan rencana kontinjensi, dan menjamin keselamatan jemaah dan membantu meringankan gerakan mereka saat melakukan ritual ibadah haji,” katanya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3687 seconds (0.1#10.140)