Abul-Mughirah al-Qahtani, Pemimpin ISIS di Libya

Rabu, 16 September 2015 - 20:05 WIB
Abul-Mughirah al-Qahtani,...
Abul-Mughirah al-Qahtani, Pemimpin ISIS di Libya
A A A
TRIPOLI - Majalah propaganda milik ISIS, Dabiq, menyatakan bahwa Abul-Mughirah al-Qahtani telah ditunjuk menjadi pemimpin kelompok ekstrimis itu untuk wilayah Libya. Qathani disebut dengan sebutan Delegasi Pemimpin ISIS untuk Negara Libya. Meski begitu, hingga kini belum ada berita yang menyebutkan keberadaannya di Libya.

Seorang aktivis di Tripoli mengatakan ia tidak pernah mendengar nama al-Qahtani dari anggota ISIS sebelum kemunculannya di majalah milik kelompok tersebut. Ia juga mengatakan belum ada informasi yang menyatakan ia telah berada di Libya.

"Saya tidak tahu apakah al-Qahtani telah datang di Sirte karena tidak ada pembicaraan tentang dirinya sejauh ini. Saya pikir mereka sedang mempersiapkan kedatangannya mengingat penunjukan dirinya tidak menimbulkan penolakan di dalam ISIS," ujarnya seperti dikutip dari laman Business Times, Rabu (16/9/2015).

Nama al-Qahtani memang tidak pernah terdengar di telinga publik. Namanya kurang tenar ketimbang nama Hassan al-Karami ataupun Turki bin Mubarak al-Ben Ali yang dikenal sebagai pendukung ISIS. Posisi al-Qahtani dalam ISIS pun tidak diketahui.

Meski begitu, penunjukkan Qathani tampaknya tidak lebih hanya untuk kepentingan propaganda ISIS. Selain itu, keberadaan Qathani dianggap bisa mengangkat moral anggota ISIS yang jatuh setelah mengalami kekalahan di Sirte ketikan terlibat bentrok dengan suku Ferjani. Saat itu sejumlah anggota ISIS, termasuk pemimpinnya, berhasil ditangkap dan langsung dieksekusi dengan cara dipenggal di hadapan publik.

Dalam wawancara dengan Dabiq, Qathani menyatakan bahwa wilayah Libya sangat strategis bagi ISIS. Libya adalah pintu gerbang ke Eropa dan Afrika. Dia mengatakan, dengan mengontrol kekayaan Libya yang berlimpah macam minyak dan gas akan menyulitkan Eropa dan khususnya Italia karena keduanya adalah sumber daya yang penting.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4130 seconds (0.1#10.140)