Khamenei: Negosiasi Dengan AS Hanya Soal Nuklir

Rabu, 09 September 2015 - 16:49 WIB
Khamenei: Negosiasi Dengan AS Hanya Soal Nuklir
Khamenei: Negosiasi Dengan AS Hanya Soal Nuklir
A A A
TEHERAN - Pemimpin spiritual Iran, Ayatollah Khamenei, menegaskan jika Teheran bernegosiasi dengan Amerika Serikat (AS) hanya soal nuklir dan tidak permasalahan yang lain, termasuk soal Suriah.

Pernyataan Khamenei ini bertentangan dengan pernyataan Presiden Iran, Hassan Rouhani yang menyatakan siap bernegosiasi dengan negara lain, termasuk AS, untuk menyelesaikan perang sipil di Suriah.

"Kami bernegosiasi dengan AS hanya pada masalah nuklir untuk alasan tertentu. Perilaku mereka sangat baik, tetapi kami tidak dan kami tidak mau bernegosiasi dengan AS terkait permasalahan yang lain," ujar Khamenei seperti dilansir dari Reuters, Rabu (9/9/2015).

Khamenei menilai, AS masih memandang Iran sebagai musuh dan menggunakan negosiasi untuk menancapkan pengaruh mereka. "Amerika tidak menyembunyikan permusuhan mereka terhadap Iran. Negosiasi adalah alat bagi mereka untuk mempengaruhi Iran dan memaksakan kehendak mereka," kata Khamenei.

Pasca penandatanganan perjanjian nuklir internasional, sejumlah delegasi diplomatik Eropa telah mengunjungi Iran. Hal ini seolah menandakan mencairnya hubungan antara Iran dengan negara-negara barat. Namun tampaknya, hal itu tidak akan berlaku bagi hubungan Iran dengan AS.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6962 seconds (0.1#10.140)