Presiden Ukraina Puas dengan Kesepakatan Gencatan Senjata

Sabtu, 05 September 2015 - 19:07 WIB
Presiden Ukraina Puas dengan Kesepakatan Gencatan Senjata
Presiden Ukraina Puas dengan Kesepakatan Gencatan Senjata
A A A
KIEV - Presiden Ukraina, Petro Poroshenko memuji kesepakatan gencatan senjata yang disetujui pihak pemerintah dengan kelompok separatis pro-Rusia pada awal September lalu. Ia mengatakan, tidak ada lagi tentara Ukraina yang tewas pada pekan ini akibat pertempuran.

Sejak perang pecah satu tahun lalu, baru kali ini tak ada korban jiwa jatuh dalam kurun satu pekan. Poroshenko mengatakan, tembakan dari senjata artileri tidak pernah berhenti selama 200 hari, walau hanya untuk beberapa saat. Meski begitu, tetap ada tentara yang tewas akibat ranjau darat dan kecelakaan mobil, seperti disutat dari Washington Post, Sabtu (5/9/2015).

Konflik militer di Ukraina telah menewaskan lebih dari 6.800 orang. Meskipun kedua belah pihak telah menyepakati gencatan senjata pada bulan Februari lalu, namun serangan artileri dari kedua belah pihak masih terjadi setiap hari, hingga akhirnya kedua belah pihak berjanji untuk melaksanakan gencatan senjata mulai 1 September lalu.

Sebelumnya, Uni Eropa mengancam akan memperluas sanksi bagi Ukraina dan Rusia yang dituding berada di balik kelompok separatis anti-Kiev selama enam bulan, jika ke dua belah pihak tidak mematuhi perjanjian gencatan senjata. Ancaman itu dikeluarkan menjelang berakhirnya sanksi yang dijatuhkan oleh 28 negara Eropa pada 15 September mendatang.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5036 seconds (0.1#10.140)